SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS TEKS PADA MATERI LITOSFER DAN PEDOSFER DALAM BUKU TEKS PELAJARAN GEOGRAFI SMA KELAS X TERBITAN PT PHIBETA ANEKA GAMA

ARIF SUSANTO

Abstrak


ABSTRAK

Susanto, Arif. 2010. Analisis Teks pada Materi Litosfer dan Pedosfer dalam Buku Teks Pelajaran Geografi SMA Kelas X Terbitan PT Phibeta Aneka Gama. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Edy Purwanto, M. Pd (II) Drs. Dwiyono Hari Utomo, M. Si,     M. Pd

 

Kata kunci: analisis teks, kesesuaian isi materi dengan kurikulum, kebenaran konsep, kebenaran bahasa, fungsi gambar

Perubahan kurikulum yang tidak diikuti dengan penyusunan teks yang terencana dengan baik, mengakibatkan permasalahan yaitu pada isi buku teks. Isi buku teks pelajaran secara umum sulit dipahami siswa, karena banyak mengandung kesalahan. Kesalahan tersebut antara lain dalam setiap paragraf mengandung banyak konsep dan penggunaan bahasa Indonesia yang kurang tepat.

Oleh karena itu, untuk mengatasi kondisi teks seperti itu, para guru atau calon guru harus memiliki kemampuan menulis teks, mengkaji teks yang telah ada, dan merevisi sesuai hasil kajian.

Untuk mengungkapkan kualitas dari buku teks, khususnya untuk buku teks Geografi SMA, maka penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut. (1) bagaimana kesesuaian materi isi materi Litosfer dan Pedosfer dengan kurikulum yang berlaku? (2) bagaimana kebenaran konsep pada materi Litosfer dan Pedosfer? (3) bagaimana kebenaran bahasa pada materi Litosfer dan Pedosfer? (4) bagaimana fungsi gambar yang terdapat dalam materi Litosfer dan pedosfer? 

Untuk memecahkan masalah tersebut, penelitian dirancang dengan model analisis isi. Sumber data penelitian ini adalah buku teks pelajaran geografi SMA Kelas X terbitan PT Phibeta Aneka Gama. Data hasil analisis dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa pedoman analisis. 

Dengan menggunakan pedoman tersebut dikumpulkan data sebagai berikut: pertama, kesesuaian materi Litosfer dan Pedosfer dengan kurikulum berlaku yang tergolong sesuai sebesar 100%; kedua, kebenaran konsep yang tergolong benar dengan rincian: (1) konsep terdefinisi sebesar 95,31%, dan (2) konsep konkrit sebesar 31,03%; ketiga, kebenaran bahasa yang tergolong benar dengan rincian: (1) kebenaran paragraf sebesar 79,59%, dan (2) kebenaran kalimat sebesar 74,02%; keempat, fungsi gambar dengan rincian: (1) tidak berfungsi sebesar 5,26%, (2) contoh fakta sebesar 10,53%, (3) contoh konsep sebesar 57,89%, dan (4) contoh generalisasi sebesar 26,32%.

Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan: pertama, kesesuaian isi materi Litosfer dan Pedosfer tergolong sesuai tetapi dari segi penyajian materi kurang lengkap; kedua, kebenaran konsep mengandung banyak kesalahan yang sulit dipahami siswa; ketiga, kebenaran bahasa mengandung banyak kesalahan yang mengganggu ketercernaan belajar; keempat, fungsi gambar tergolong berfungsi sebagai contoh konsep.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut diajukan saran-saran: pertama, buku teks pelajaran geografi SMA kelas X terbitan PT Phibeta Aneka Gama hendaknya direvisi; kedua, bagi guru pengajar atau calon guru, sebelum mempergunakan buku teks, haruslah ditelaah terlebih dahulu mengenai penyajian materi.


Teks Penuh: DOC PDF