SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kaitan Antara Perkembangan Objek Wisata dan Kondisi Ekonomi Masyarakat dengan Diversifikasi Mata Pencaharian di Sekitar Objek Wisata Coban Rais Kota Batu

Yayak Priasmara

Abstrak


ABSTRAK

 

Priasmara, Yayak. 2010. Kaitan Antara Perkembangan Objek Wisata dan Kondisi Ekonomi Masyarakat dengan Diversifikasi Mata Pencaharian di Sekitar Objek Wisata Coban Rais  Kota Batu . Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Yuswanti Ariyani Wirahayu, M.Si           (II) Drs. Marhadi Slamet Kistianto, M.Si

 

Kata kunci: Pariwisata, Kondisi Ekonomi, dan Diversifikasi

 

Kota Batu semakin mengukuhkan diri sebagai kota tujuan wisata terlengkap di Jawa Timur. Hal tersebut dibuktikan dengan pembangunan objek wisata baru seperti Museum Satwa dan peremajaan objek wisata yang telah ada. Tidak hanya objek wisata buatan saja yang dikembangkan melainkan juga objek wisata alam. Coban Rais merupakan objek wisata alam berupa air terjun yang ikut mengalami perkembangan. Dari perkembangan tersebut menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata ini. Keberadaan wisatawan dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk membuka usaha sampingan. Hal itulah yang melatarbelakangi penelitian mengenai kaitan antara perkembangan objek wisata dan kondisi ekonomi masyarakat dengan diversifikasi mata pencaharian di sekitar objek wisata Coban Rais.

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah pertama, bagaimana bentuk diversifikasi mata pencaharian masyarakat disekitar objek wisata Coban Rais; kedua: bagaimana kaitan perkembangan objek wisata Coban Rais dengan diversifikasi mata pencaharian masyarakat Desa Oro-oro Ombo; ketiga: bagaimana kaitan kondisi ekonomi masyarakat dengan diversifikasi mata pencaharian masyarakat Desa Oro-oro Ombo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk diversifikasi mata pencaharian masyarakat disekitar objek wisata Coban Rais serta kaitan antara perkembangan objek wisata dan kondisi ekonomi masyarakat dengan diversifikasi yang terjadi.

Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan metode survey. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam mencari kaitan antara variabel bebas dan variabel terikat. Analisis yang digunakan adalah deskriptif dengan tabel persentase dan Chi Square untuk mencari korelasinya. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, sejumlah 50KK yang melakukan diversifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan: (1). Diversifikasi mata pencaharian di sekitar objek wisata Coban Rais dilakukan dengan menjual makanan, menjual non makanan dan menyediakan jasa. (2). Terdapat keterkaitan antara perkembangan objek wisata dengan diversifikasi mata pencaharian yang terjadi. (3) Terdapat keterkaitan antara kondisi ekonomi masyarakat dengan diversifikasi yang terjadi.


Teks Penuh: DOC PDF