SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL QWH-CHART SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI SUB BAB PEMANFAATAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM KAITANNYA DENGAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI KELAS XI-IPS 1 SMA MUHAMMADIYAH 1 BLITAR

Kartika Fajar Lestari

Abstrak


ABSTRAK

 

Lestari, Kartika Fajar. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model QWH-Chart Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata  Pelajaran Geografi Sub Bab Pemanfaatan Lingkungan Hidup dalam Kaitannya dengan Pembangunan Berkelanjutan di Kelas XI-IPS 1 SMA Muhammadiyah 1 Blitar. Skripsi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1)Dr. Achmad Amirudin, M.Pd, (II)Drs. Hendri Purwito, M.Si

 

Kata Kunci: QWH-Chart

 

Metode ceramah memang tidak selalu membosankan, tetapi kebanyakan siswa cenderung kurang aktif apabila menggunakan metode tersebut. Di SMA Muhammadiyah 1 Blitar metode ceramah yang biasanya digunakan oleh guru Geografi dalam mengajar kurang cocok, karena sebagian siswa melakukan aktifitas lain diluar pembelajaran. Untuk itu peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran QWH-Chart yang merupakan model pembelajaran yang mengajak siswa untuk aktif membuat pertanyaan dan memecahkan masalah.

Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah model pembelajaran QWH-Chart dapat meningkatkan hasil belajar Geografi pada materi Pemanfaatan Lingkungan Hidup dalam Kaitannya dengan Pembangunan Berkelanjutan siswa kelas XI-IPS 1 SMA Muhammadiyah 1 Blitar tahun ajaran 2009/2010?

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Goegrafi pada materi Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan siswa kelas XI-IPS 1 SMA Muhammadiyah 1 Blitar tahun ajaran 2009/2010 melalui penerapan pembelajaran kooperatif model QWH-Chart.

Desain penelitian ini adalah kualitatif. Jumlah subjek sebanyak 25 siswa, 5 putra dan 20 putri. Alat pengumpulan data tersebut berupa rubik penilaian diskusi dan postes. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan hanya dalam satu siklus. Setelah melakukan diskusi dengan model pembelajaran QWH-Chart kemudian siswa diberi postes. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pembelajaran kooperatif model QWH-Chart dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kerja kelompok dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan. Sedangkan saran dalam penelitian ini adalah pemberian tugas kepada siswa untuk mencari artikel yang berhubungan dengan materi, sebaiknya dilakukan satu minggu sebelum pelaksanaan pembelajaran. Dalam penerapan model pembelajaran QWH-Chart guru membentuk siswa menjadi kelompok-kelompok kecil minimal 5 orang siswa tiap kelompok. Dalam satu kelompok, sebaiknya terdiri dari perempuan dan laki-laki, serta memiliki kepandaian yang heterogen (ada yang pandai dan ada yang kurang pandai). Pada saat pembelajaran, guru harus bisa mengatur siswa serta menciptakan suasana diskusi yang aktif dan kreatif, agar pembelajaran menjadi efektif.

 


Teks Penuh: DOC PDF