SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

karakteristik demografis, sosial, ekonomi, dan lokasi kerja pengemis di kota malang

Ratih Fitra Dewi

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Dewi, Ratih Fitra. 2009. Karakteristik  Sosial, Ekonomi, Demografis, dan Lokasi       Kerja Pengemis di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, FMIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Djoko Soelistijo, M.Si., (II)  

Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si.

 

 

Kata kunci: Sosial, ekonomi, demografis, lokasi kerja, pengemis.

 

 

Daya tarik yang dimiliki Kota Malang sangat kuat. Hal tersebut yang menyebabkan banyaknya kaum pendatang tertarik untuk mengadu nasib di Kota Malang karena merasa Kota Malang dengan segala kelebihan yang dimiliki akan mampu mengubah nasib pendatang. Akan tetapi pandangan tersebut tidak berarti bagi pendatang yang gagal berkompetisi dalam mendapatkan pekerjaan di sektor formal, karena justru semakin terpuruk dengan kehidupan kota yang serba modern. Sehingga memilih jalan pintas yaitu hidup dengan mengandalkan belas kasihan orang lain, sebagai pengemis.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan karakteristik sosial, ekonomi, demografis, dan lokasi kerja pengemis di Kota Malang, yang meliputi jenis kelamin, umur, status perkawinan, daerah asal pengemis, pendidikan, alasan menjadi pengemis, lama kerja, jam kerja, hari kerja, pendapatan, jumlah tanggungan keluarga, dan lokasi kerja atau tempat mangkal pengemis. Penelitian ini menggunakan metode survey yang mengarah pada pengungkapan fakta-fakta yang ada.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pengemis di Kota Malang berjenis kelamin perempuan; mengemis selama 5 jam per hari selama satu minggu penuh; telah menjadi pengemis selama 1-10 tahun; berpendidikan rendah; menjadi pengemis dengan alasan lebih enak mengemis daripada bekerja; tidak memiliki beban tanggungan keluarga sehingga pendapatan yang diperoleh untuk menghidupi diri sendiri; rata-rata berpenghasilan antara Rp. 911.000-Rp.1.261.000; dan memilih lokasi kerja/ tempat mangkal di Kecamatan Klojen karena letaknya yang sangat strategis dan merupakan sentra dari Kota Malang.