SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS

Marsya Brian Sprycharecha

Abstrak


ABSTRAK

 

Sprycharecha, Marsya brian. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Budi Handoyo, M.Si (II) Purwanto, S.Pd, M.Si

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar Geografi

 

Kegiatan pembelajaran geografi di sekolah yang cenderung berpusat pada guru membuat minat siswa pada proses pembelajaran geografi menurun, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan model yang berorientasi kepada masalah yang ada di kehidupan nyata, sehingga dalam penerapannya PBL menuntut siswa menjadi lebih aktif dalam memecahkan permasalahan yang ada di sekitarnya. Kegiatan pembelajaran yang menuntut siswa menjadi lebih aktif dianggap mampu untuk menarik minat siswa, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Tulungagung. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasy experiment). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan soal esai dengan jumlah lima butir soal yang sudah melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan independent sample t-test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai gain score kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 11,37 untuk kelas eksperimen dan 2,25 untuk kelas kontrol. Pada hasil uji hipotesis dengan nilai sig. (2-tailed) yang diperoleh adalah 0.000 atau dengan kata lain nilai sig. (2-tailed)