SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGINDERAAN JAUH DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFI BERBASIS SMART CAM COPTER (SMARTPHONE CAMERA QUADCOPTER) PADA SMA KELAS 12 IPS DI MAN 2 KEDIRI

Awanda Taufiqurrohman Al-Matna

Abstrak


ABSTRAK

 

Awanda, T. A. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi Berbasis Smart Cam Copter (Smartphone Camera Quadcopter) pada SMA Kelas 12 IPS di MAN 2 Kediri. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Djoko Soelistijo, M.Si, (II) Purwanto, S.Pd, M.Si.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Smartphone, Camera, Quadcopter.

 

Pemilihan media pembelajaran yang sesuai dapat memberikan peluang keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat dipilih guru untuk menumbuhkan motivasi siswa adalah media pembelajaran Smart Cam Copter (Smartphone Camera Quadcopter). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran dan mengkaji sejauh mana motivasi belajar siswa jika menggunakan media Smart Cam Copter.

Penelitian ini merupakan penelitian R & D (Research and Development) dari Borg and Gall. Prosedur pengembangan dilakukan dari tahap studi pendahuluan, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk, tahap uji validitas, tahap revisi, tahap uji pengguna, tahap revisi akhir, tahap produksi akhir. Validasi terhadap media ini dilakukan dengan dua tahap yaitu, tahap validasi oleh ahli materi dan tahap validasi oleh ahli media. Media diujicobakan pada 30 siswa SMA kelas 12 IPS di MAN 2 Kediri. Instrumen penelitian berupa lembar rekomendasi untuk validasi ahli media dan ahli materi, dan lembar angket untuk subjek uji coba. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik Analisis data menggunakan kriteria penilaian skor skala 5.

Hasil analisa data menunjukkan bahwa penilaian siswa uji coba menghasilkan kriteria sangat baik sebesar 5%; kriteria baik sebesar 90%; dan kriteria cukup sebesar 5%. Produk yang dihasilkan berupa Softfile (Buku manual dan Aplikasi pendukung) dan berupa Hardware (perangkat keras media). Penilaian yang baik atau Feedback positif dari siswa ini juga menunjukkan bahwa media Smart Cam Copter mampu menumbuhkan motivasi siswa dalam belajar materi Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis.