SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Dengan Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI IPS 2 SMAN Sukodadi Lamongan

Aulina Fitri

Abstrak


ABSTRAK

 

Fitri, Aulina. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Dengan Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI IPS 2 SMAN Sukodadi Lamongan. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ardyanto Tanjung, SPd, M.Pd (II) Dr. Didik Taryana, M.Si

 

Kata Kunci : Model Group Investigation, Lingkungan Sekitar, Sumber Belajar, Pemahaman Konsep Geografi

 

Pendidikan yang mampu mendukung perkembangan dimasa mendatang adalah pendidikan yang mampu mengembangkan potensi siswa sehingga dapat memahami dan mengatasi permasalahan kehidupan. Pembelajaran di kelas masih berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan. Siswa cenderung tidak memahami konsep yang diajarkan, karena pembelajaran yang ditekankan dengan pola pembelajaran yang bersifat penghafalan konsep. Hasil observasi awal, pemahaman konsep geografi siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Sukodadi Lamongan rendah. Hal ini tampak pada rata-rata nilai UAS yang ada di bawah KKM 75. Rendahnya pemahaman konsep kemungkinan disebabkan model pembelajaran yang belum melibatkan siswa untuk aktif. Oleh karena itu diperlukan sebuah tindakan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation untuk meningkatkan pemahaman konsep geografi pada sub bab sumber daya alam kelas XI IPS 2.

Tujuan penelitian ini adalah model pembelajaran Group Investigation dengan pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas XI IPS 2. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi..

Penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) di SMAN 1 Sukodadi Lamongan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Pencapaian peningkatan presentase indikator yang paling tinggi dalam penelitian ini yaitu morfologi yang mengalami peningkatan mencapai 9%. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai atau skor siswa pada siklus I dan siklus II yang menunjukan peningkatan sangat signifikan. Peningkatan nilai atau skor tersebut dikarenakan dalam siklus II siswa telah mendapatkan materi dan perlakuan khusus dengan model pembelajaran Group Investigation. Sedangkan tiga indikator konsep geografi lainnya mengalami penurunan presentase kenaikan dari siklus I dan siklus II yakni jarak yang mencapai -2%, lokasi yang mencapai -7%, dan pola yang mencapai -10% penurunan ini disebabkan oleh ketidak fokusan siswa dalam mengerjakan tes akhir pemahaman konsep geografi, disini nilai rata-rata siswa pada indikator lokasi siklus II yakni 78 sedangkan pada siklus I yakni 85 tetapi ketidak naikan presentase ini bukan berarti nilai siswa berda pada di bawah KKM, nilai siswa pada indikator lokasi ini masih diatas KKM tetapi tidak seperti siklus I yang nilainya mencapai 85.