SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Suplemen Buku Digital Geografi Berbasis Ayat-Ayat Al-Qur’an Pada Materi Hidrosfer dengan Menggunakan Flipbook

Nur Aisyiyah Amini

Abstrak


 

Hasil studi terhadap buku pegangan siswa buku ajar geografi untuk SMA/MA kelas X  karya K. Wardiyatmoko, terdapat beberapa aspek yang belum ditemukan di dalamnya, antara lain: keakuratan penyajian,  kurang komunikatif, kurang lengkap dan sistematis, gambar yang tidak berwarna, dan tidak adanya kriteria yang mendukung KI-1 dalam kurikulum 2013. Selain itu, pembelajaran di Madrasah Aliyah berbeda dengan sekolah pada umumnya. pada pembelajaran di MA lebih menonjolkan sifat religious dan SMA lebih menonjolkan sifat universal. Oleh sebab itu, adanya bahan ajar geografi yang baik serta mendukung peminatan KI-1 dalam kurikulum 2013 sangatlah diperlukan.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi tujuh tahapan. Tahapan yang digunakan meliputi: (1) Analisis kebutuhan, (2) Pengembangan  produk awal, (3) Validasi ahli, (4) Revisi produk I, (5) Uji coba lapangan terbatas, (6) Revisi produk II, (7) Produk akhir. Instrumen pengumpumpulan data yang digunakan berupa instumen angket dengan skala Likert. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif yang diperoleh dari skor angket dan data kualitatif yang diperoleh dari saran dan komentar para validator.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan berdasarkan hasil penilaian ahli materi sebesar 89,3%, ahli media dengan persentase 97,5%, ahli Al-Qur’an dengan persentase sebesar 91,7%.Dan uji coba lapangan terbatas dengan persentase sebesar 84,0%. Sehingga secara keseluruhan diperoleh rata-rata produk akhir sebesar 90,6% yang berarti valid/digunakan sebagai bahan ajar.