SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KERUANGAN (SPATIAL THINKING SKILL) SISWA KELAS XI IIS 2 MAN 1 KOTA MALANG

Kinanti Choriah Islamya

Abstrak


ABSTRAK

 

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 10 Oktober 2016 diperoleh permasalahan siswa di kelas XI IIS 2 MAN 1 Kota Malang. Keterampilan berpikir keruangan siswa masih rendah. sebagian besar 28 siswa belum mampu menjawab pertanyaan yang diajukan guru bahkan cenderung diam dan ramai berbicara dengan teman sebangku. Sisanya 2 siswa yang mampu menjawab secara benar dan dikaitkan dengan sumber langsung pada kehidupan. Faktor penyebabnya adalah pembelajaran masih didominasi oleh guru, guru hanya memberikan soal yang ada di LKS dan model pembelajaran guru membosankan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlu dilakukan penelitian penerapan pembelajaran berbasis masalah yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir keruangan siswa kelas XI IIS 2 MAN 1 Kota Malang.

Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan keterampilan berpikir keruangan siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IIS 2 MAN  1 Kota Malang sebanyak 30 siswa, yang terdiri dari 12 putra dan 18 putri dengan materi di semester ganjil yaitu Dinamika Penduduk.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan nilai tes keterampilan berpikir keruangan pada siklus I dan siklus II. Hasil tes diperoleh kenaikan tindakan dari pra tindakan ke siklus I yaitu 3,1. Kenaikan pada siklus I ke siklus II 6,9. Rata-rata nilai hasil tes keterampilan berpikir keruangan pada siklus I yaitu 79,43 menjadi 86,33 pada siklus II. Presentase peningkatan pada penelitian ini sebanyak 8,68%.

Berdasarkan rumusan masalah dan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan keterampilan berpikir keruangan siswa kelas XI IIS 2 MAN 1 Kota Malang pada materi dinamika penduduk Indonesia. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: bagi peneliti selanjutnya disarankan mengganti variabel dalam penelitian seperti kemampuan berikir kritis, motivasi, hasil belajar, dll.