SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MATERI PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM INDONESIA SMA BRAWIJAYA SMART SCHOOL MALANG

Dian Furranti Andhani

Abstrak


ABSTRAK

 

Observasi awal diketahui bahwa siswa kelas XI-6 SMA Brawijaya Smart School Malang siswa kurang kritis dalam berpikir. Hal tersebut ditunjukkan dari kurangnya kemampuan siswa dalam proses perumusan masalah hingga penarikan kesimpulan serta rendahnya antusiasme siswa dalam tanya jawab dan menanggapi fenomena yang dihadirkan saat diskusi berlangsung. Apabila sebuah materi mengharuskan siswa kelas XI-6 melakukan diskusi, mereka hanya melakukan diskusi ringan tanpa memperhatikan tujuan dari diadakannya diskusi tersebut yaitu agar siswa lebih kritis dalam proses pembelajaran. Hal ini tentu berakibat informasi yang didapat kurang begitu melekat dan membekas pada diri siswa. Penyampaian ilmu yang bersifat konvensional seperti ini dapat menyebabkan siswa kurang bersemangat dalam menerima pembelajaran karena siswa hanya sebagai obyek dan dibatasi kebebasannya dalam proses belajar mengajar.

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Upaya untuk mencapai tujuan tersebut, maka penelitian ini dirancang dengan menggunakan model penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan Oktobertahun 2017. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI-6 yang berjumlah 24siswa, instrumen pengumpulan data melalui tes tiap akhir siklus.

Hasil penelitian menunjukkan terjadi perubahan hasil belajar siswa pra tindakan yakni terdapat peningkatan siswa dalam keterampilan berpikir kritis mereka mengalami kenaikan lebih dari 50%. Hal tersebut ditunjukkan dari persentase kenaikan kegiatan pra-tindakan ke siklus I sebesar 4,26% dan kenaikan siklus I ke siklus II sebsar 12,92%. Temuan penelitian menunjukkan bahwaketerampilan berpikir kritis siswa kelas XI-6 SMA Brawijaya Smart School Malang mengalami peningkatandari pra tindakan, siklus I, dan siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Pengelolaan Sumber Daya Alam siswa kelas XI6 Di SMA Brawijaya Smart School Malang. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan: (1) Bagi guru geografi agar menggunakan model PBI untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. (2) Bagi SMA Brawijaya Smart School Malang agar menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap untuk mendukung efektifitas penerapan model pembelajaran PBI (3) Bagi peneliti selanjutnya  diharapkan dapat melakukan penelitian sejenis dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran dengan model PBI dengan pokok bahasan yang berbeda.