SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas XI IIS SMAN 1 Lawang Kabupaten Malang

Erlinda Indira Paramita

Abstrak


ABSTRAK

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa

 

Model Inkuiri Terbimbing ini mampu memecahkan masalah. Salah satunya yaitu siswa memperoleh pengetahuan karena terlibat dalam proses penemuan, namun dalam keunggulannya belum diketahui dalam pembelajaran geografi tentunya dalam memecahkan masalah. Inkuiri Terbimbing ini digunakan pada materi lingkungan hidup khususnya pada menganalisis pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelas XI IIS SMAN 1 Lawang. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (quasi eksperimental design). Perlakuan dalam penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada kelas eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IIS SMAN 1 Lawang semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Intrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan memecahkan masalah yaitu tes esai. Data gain score dianalisis dengan menggunakan Uji Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS 16.0 for windows.

Hasil menunjukkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelas XI IIS.  Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata gain score yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi dengan nilai rata-rata gain score 14,56 dari nilai rata-rata gain score kelas kontrol dengan nilai gain score 12,35. Hasil analisis Uji Independent Sample T-test diperoleh nilai probabilitasnya adalah 0,000.hal ini berarti 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak, artinya model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IIS SMAN 1 Lawang.