SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Sistem Informasi Pencarian Lokasi Berbasis Platform Android untuk Fasilitas Kesehatan di Kota Malang

Putut Riayadi

Abstrak


ABSTRAK

 

Kata kunci : Sistim Informasi, MobileGIS, Android, Fasilitas Kesehatan, SDK

 

Kota Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. Kota Malang terdapat beberapa apotek, klinik dan puskesmas yang tersebar merata di Kota Malang, namun  informasi lokasi yang terdekat kurang diketahui masyarakat. Informasi jumlah fasilitas kesehatan yaitu 132 apotek, 47 klinik dan 15 puskesmas. Informasi pelayanan kesehatan berguna bagi masyarakat dalam keadaan mendesak, menunjang efisiensi waktu dan jarak tempuh. Mengetahui lokasi dengan mudah juga dapat merencanakan rute yang diinginkan sesuai kemapuan untuk menuju lokasi tersebut.

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem informasi geografi berbasis mobileGIS, menggunakan data fasilitas kesehatan di Kota Malang sebagai objek pemetaan. Pembatasan objek pemetaan meliputi apotek, klinik dan puskesmas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah (research and development) Presman dengan model waterfall, yaitu model klasik yang bersifat sistematis, berurutan dalam membangun aplikasi. Bentuk mobileGIS dipilih pada penelitian ini dikarenakan lebih praktis dan mobile (mudah dibawa kemana mana) dalam menyajikan informasi pada penelitian ini. Sistem informasi ini dibuat menggunakan Software Development Kit (SDK), yaitu Android Studio. Android Studio dipilih sebagai software pembangun karena sasaran produk penelitian ini adalah aplikasi untuk handphone Android.

Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk mobileGIS berbasis platform Android yang di dalamnya memuat informasi fasilitas kesehatan dari apotek, klinik dan puskesmas di Kota Malang. Bentuk aplikasi dari penelitian ini berupa menu menu yang menyajikan informasi faskes secara terpisah baik dari menu apotek, menu klinik dan menu puskesmas. Produk aplikasi ini diuji coba fungsi oleh peneliti dan semua menu berfungsi dengan baik. Produk aplikasi ini juga di uji kelayakan oleh ahli media dinyatakan sangat layak. Ujicoba pemakaian juga dilakukan oleh beberapa mahasiswa Geografi Universitas Negeri Malang dan didapat hasil kesesuaian informasi yang dibutuhkan dengan penggunaan para responden.