SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemanfaatan Sistem Informasi Geografi Untuk Pemetaan Sebaran Serta Analisis Kebutuhan Pemakaman Di Lowokwaru Kota Malang

Achmad Halim Hafies

Abstrak


Kata Kunci : Lahan Pemakaman,Pertumbuhan Manusia, Kebutuhan, Sistem

Informasi Geografis (SIG)

 

Kebutuhan lahan pemakaman di Kecamatan Lowokwaru merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi ketersediaannya. Jumlah penduduk di Kecamatan Lowokwaru sendiri setiap tahunnya terus bertambah dan jumlah jenazah baru di setiap tahunnya juga terus ada selain itu Jumlah Penduduk Lowokwaru merupakan wilayah dengan jumlah penduduk terbayak di Kota Malang (Lowokwaru Dalam Angka 2016). Sehubungan adanya jenazah baru tiap tahunya, penyediaan lahan untuk jenazah juga perlu diperhatikan.

Fasilitas lahan pemakaman di Kecamatan Lowokwaru luasnya kurang lebih

35 Ha yang tersebar di berbagai kelurahan di Kecamatan Lowokwaru. Total luas tersebut terdiri dari jumlah lahan yang terpakai dan yang belum terpakai, dimana untuk setiap tahunya ditiap kelurahan didapati jenazah baru yang akan dimakamkan, sehingga dikawatirkan akan terbatas lahan pemakaman untuk tiap wilayah kelurahan, maka dari itu analisis untuk kebutuhan lahan yang tersedia diperlukan untuk menghindari keterbatasan lahan pemakaman. Kebutuhan lahan pemakaman di analisis secara kualitatif dengan menggambarkan kondisi setiap wilayah akan kebutuhan lahan pemakaman berdasarkan jumlah penduduk dan lahan yang dibutuhkan. Analisis pemakaman ini digunakan sebagai acuan untuk penanganan lebih lanjut akan lahan pemakaman yang tersebar di Kecamatan Lowokwaru, karena dengan jumlah pemakaman yang tersebar di seluruh kecamatan tidak  semuanya bersedia menampung jenazah  penduduk  warga lain  meskipun dalam satu Kecamatan.

Lokasi suatu lahan pemakaman juga merupakan salah satu hal yang terkait dalam Kebutuhan lahan pemakaman, karena dalam suatu wilayah penempatan lahan pemakaman yang buruk juga akan barakibat negatif pada lingkungan sekitarnya. Lokasi pemakaman di Kecamatan Lowokwaru di petakan menggunakan Sofwhare ArcGIS untuk mengetahui persebaran lahan pemakaman dengan dengan keterjangkauan objek lain yang dapat terpengaruh lahan pemakaman seperti jaringan jalan, pemukiman, sumber air, dan tanaman budidaya.