SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

DIVERSIFIKASI MATA PENCAHARIAN MASYARAKAT DESA PUJON KIDUL KECAMATAN PUJON KABUPATEN MALANG SEBAGAI DESA WISATA

Mohammad Arif Oktifani

Abstrak


ABSTRAK

 

Kabupaten Malang gencar mengembangkandesa wisata berbasis partisipasi masyarakat. Kegiatanpariwisata di DesaPujonKiduldapatdibedakanmenjadi 3 (tiga) kategoriwisatayaituwisataedukasi, wisataolahandanwisataalam. Berkembangnya Desa PujonKidul sebagai Desa Wisata dimanfaatkanmasyarakatdalammembuka lapangankerjadenganmelakukan diversifikasi matapencaharian di sektorpariwisata.

Tujuandalampenelitianiniyaitu: (1) Mengetahuijenisdiversifikasimatapencaharianmasyarakat di Desa PujonKidul. (2) Mengetahuikondisisosialekonomimasyarakat yang melakukandiversifikasimatapencaharian di DesaPujonKidul. (3) MengetahuikontribusipendapatansektorpariwisataterhadappendapatanmasyarakatDesaPujonKidulsebagaiDesaWisata.Penelitianini merupakan penelitian deskriptif kuantitatifdenganmetode pengumpulan data berupa survey yakni penyelidikan yang diadakan untuk memperoleh fakta dari gejala yang ada.Penelitianini menggunakan analisis data tabulasi tunggal dan tabulasi silangdengan aplikasi Microsoft Excel 2013. Penentuan sampel dilakukan secara PurporsiveSampling,yaknipengambilan sampel dengancaradisengajadicarikepalakeluarga yang memilikimatapencaharian di sektorpariwisatadi Desa PujonKidul, denganjumlahsampel94 responden.

Hasildalampenelitianinimenunjukkanbahwa: (1) Jenis diversifikasi mata pencaharian yang dilakukan masyarakat Desa Pujon Kidul antara lain:(a) Pemilikhomestaysebanyak 42 respondendari 94 responden. (b) Pedagang di objekwisatasebanyak 19 responden dari 94 responden.(c) Pengelola wisata edukasi pertanian dan peternakansebanyak 14 responden dari 94 responden. (d) Pemanduwisata sebanyak 9 responden dari 94 responden. (e) Penjaga parkir di objekwisatasebanyak8 responden dari 94 responden.(f) Pemilik tempat offroadsebanyak 2 respondendari 94 responden. (2) Kondisi sosial ekonomi masyarakat yang melakukan diversifikasi mata pencaharian di Desa Pujon Kidul sebagianbesar memiliki umur 35 sampai dengan 44 tahun, memiliki tingkat pendidikan Sekolah Dasar (SD), memiliki jumlah beban tanggungan duaorang, danmemiliki pendapatan antara Rp.976.000 sampai dengan Rp.1.451.000 per bulan. (3) Sebagianbesar pendapatanpekerjaan sampingan terkait dengan sektor pariwisata memiliki kontribusi pendapatan sebesar 38,10%. Kontribusi pendapatan dari pekerjaan sampingan tertinggi sebesar 75% yaitu pada kepala keluarga yang memiliki pekerjaan pokok sebagai buruh.

Saran yang diajukandalampenelitianini: (1)PengelolaDesa WisataPujonKidul perlumengadakan pelatihan dan penyuluhan mengenai pengembagan pariwisata. (2)Pemerintah atauinstansiterkaitperlumelakukan kerjasama dengan pengelola Desa WisataPujonKidul untuk penyediaan modal usaha bagi masyarakat yang memiliki industri kreatif.