SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengaruh model pembelajaran inquiry terbimbing terhadap keterampilan geografi siswa kelas X IPS SMA Negeri taruna nala jawa timur

wijiantoro

Abstrak


ABSTRAK

 

Wijiantoro. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Keterampilan Geografi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Ardyanto Tanjung, S.Pd, M.Pd, (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si.

 

Kata Kunci:Inquiry Terbimbing, Keterampilan Geografi

Penggunaan bermacam-macam model pembelajaran dapat meningkatkan kualitas berpikir dan keterampilan para siswa. Untuk dapat mencapai kualitas berpikir dan keterampilan para siswa,guru perlu merencanakan suatu model pembelajaran yang didalamnya melibatkan keaktifan siswa. Model pembelajaran yang dapat melibatkan keaktifan siswa salah satunya yaitu model pembelajaran inquiryterbimbing. Model pembelajaran inquiryterbimbing merupakan kegiatan belajar yang melibatkan seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki suatu permasalahan secara sistematis, logis, dan analitis. Penggunaan model pembelajaraninquiry terbimbing disesuaikan dengan materi geografi yang merupakan mata pelajaran yang membutuhkan keterampilan siswa karena materi-materinya mengandung konsep, pendekatan, prinsip, aspek maupun manfaat yang sifatnya konkret dan abstrak. Oleh karena itu, diperlukan inovasi-inovasi dalam melaksanakan pembelajaran aktif dan efektif.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry terbimbing terhadap keterampilan geografi siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) yang menggunakan desain pretest-posttest. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas X IPS 6N2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 6O2 sebagai kelas kontrol. Pengukuran keterampilan geografi siswa menggunakan 5 soal esai yang dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data meliputi uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis menggunakan perhitungan uji t atauIndependent Sample T-test.

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaraninquiry terbimbingterhadap keterampilan geografi siswa.Hasil tersebut dapat dilihat pada hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai rata-ratagain score siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Perbedaan tersebut disebabkan oleh perbedaan perlakuan pada proses pembelajarannya.Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaraninquiry terbimbing terhadap keterampilan geografi siswa kelas X IPS SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur.

ABSTRACT

 

Wijiantoro. 2017. The Effect of Guided Inquiry Learning Model on Geography Skills of Social Science Class X SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur. Thesis. Geography Department, Faculty Of Sosial Science, State University Of Malang. Supervisor: (I) Ardyanto Tanjung, S.Pd, M.Pd, (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si.

 

Keyword: Guided Inquiry, Geography Skills

The using of many kinds learning models can improve the students thinking and skills quality. To be able to achieve the students thinking and skills quality, teachers need to plan a learning models that is involves the students activity. Once of learning models that can involve the student activity is guided inquiry. Guided inquiry learning models is the learning activities that involve the entire students ' ability to find and investigate a problem in a systematic, logical, and analytical. The useing of inquiry learning modelsis adapted to the geography material that require  students skills because the content contains concepts, approaches, principles, aspects as well as the benefits to its concrete and abstract. Therefore, required innovations in carrying out active and effective learning.

This research was conducted with the aim to find out the influence of guided inquiry learning models to students skills geography. The type of this research was quasi experiment that use a pretest-posttest design. This study uses two classes that is Social Sciene 6N2 Class as a experiment class and Social Sciene 6O2 Class as a control class. Students geography skills measurement using 5 number of essay test that done with validity and reliability test. Data analysis includes testing normality, its homogeneity and hypotheses using a t-test or Independent Sample T-test.

Based on the results of the data analysis obtained the conclusion that there is an influence from guided inquiry learning models to students geography skills.  The results can be seen on the hypothesis test result, that showed the average value of experimental class students gain score higher than the control class. The difference is caused by the difference of treatment on the learning activity. The conclusion that can be drawn from this research is there is the influence of guided inquiry learning models to students geography skills at Social Science Class X SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur