SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Geografi Siswa Pada Pembelajaran Geografi Kelas XI SMAN 10 Malang

Siti Norfarida.

Abstrak


ABSTRAK

Norfarida, Siti. 2017. The Application of discovery learning model to increase students geography skill competency in learning geography class XI of SMAN 10 Malang. Thesis, Majoring in geography, Faculty of Social Science, State University of Malang. Preceptor (1) Dr. Budi Handoyo, M.Si, (2) Drs. Hendri Purwito, M.Si

Keyword:discovery learning, geography skill

The implementation of learning  in the high school level is not only fixated in the strengthening of knowledge alone, but also provided with strengthening  attitudes and strengthening skills of each student. Skills needed to support students to be more productive, creative, innovative in the face of problems that often happening right now. Of the many subjects in high school geography becomes one of the subject that equip student with skill. This skills often known as geography skills. A teacher should choose and use strategies, approaches, models, and techneques that engage students actively in learning, both mentally, physically and socially. In learning geography students are directed to observe, makes try and able to answer the question  why and how. This principle of active learning is expected to foster the aims of student’s geography skills.

This study aims to determine the improvement of the  discovery learning model to the students geography skills designed using classroom ation research or abbreviated with PTK. This study is devided into two cycles consisting of planning, axecution, observation and reflexes. Selection of this action because of the problems that exist in class XI social sciences K-5 state high school 10 of Malang namely the low competence  of students to geography skills. Measurement of students geography skilss using a test consisting of four essay question referring to the skilss indicator.

The results of the study indicate that there is an improvement in the discovery learning model to the student geography skills competence. The result can be seen in the graph of cycle I and cycle II which shows there is an increase in the average value of students conducted during four meetings.

The conclusion that can be taken from this research is that there is an improvement of discovery learning model to students geography skills class XI social sciences state high school 10 of Malang.

                     ABSTRAK

Norfarida, Siti. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Geografi Kelas XI SMAN 10 Malang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Budi Handoyo, M.si, (II) Drs. Hendri Purwito, M.si

Kata Kunci: Discovery Learning, Keterampilan Geografi

Pelaksanaan pembelajaran yang ada di jenjang SMA tidak hanya terpaku dalam penguatan pengetahuannya semata, melainkan juga dibekali dengan penguatan sikap dan penguatan keterampilan masing-masing siswa. Keterampilan diperlukan untuk menunjang agar siswa lebih produktif, kreatif, dan inovatif dalam menghadapi permasalahan yang sering terjadi saat ini. Dari sekian banyak mata pelajaran yang ada di SMA geografi menjadi salah satu mata pelajaran yang membekali siswanya dengan keterampilan. Keterampilan inilah yang sering dikenal dengan keterampilan geografi. seorang guru hendaknya memilih dan menggunakan strategi, pendekatan, model, dan teknik yang banyak melibatkan siswa aktif dalam belajar, baik secara mental, fisik maupun sosial. Dalam pembelajaran geografi siswa diarahkan untuk mengamati, membuat, mencoba dan mampu menjawab pertanyaan mengapa dan bagaimana. prinsip belajar aktif inilah yang diharapkan dapat menumbuhkan sasaran keterampilan geografi siswa.

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan model pembelajaran discovery terhadap keterampilan geografi siswa yang dirancang dengan menggunakan penelitian tindakan kelas atau yang disingkat dengan PTK. Penelitian ini dibagi menjadi 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pemilihan tindakan ini karena adanya permasalahan yang ada di kelas XI IPS K-5 SMAN 10 Malang yaitu rendahnya kompetensi siswa terhadap keterampilan geografi. Pengukuran keterampilan geografi siswa menggunakan tes yang terdiri dari 4 soal essai yang mengacu pada indikator keterampilan geografi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan model pembelajaran discovery terhadap kompetensi keterampilan geografi siswa. Hasil tersebut dapat dilihat pada grafik nilai siklus I dan siklus II yang menunjukkan ada peningkatan nilai rata-rata siswa yang dilakukan selama 4x pertemuan.

Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah ada peningkatan model pembelajaran discovery terhadap keterampilan geografi siswa kelas XI IPS SMAN 10 Malang.