SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas X di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang

Millatul Islamiya

Abstrak


RINGKASAN

 

Islamiya, Millatul. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap  Pemahaman Konsep Siswa Kelas X di SMA Laboratorium Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hendri Purwito, M.Si. (II) Purwanto, S. Pd, M. Si.

 

Kata Kunci: Media audio visual, pemahamankonsep, atmosfer

Media audio visual merupakan media yang penyampaian pesannya dapat diterima oleh indera pendengaran dan indera penglihatan, contohnya media film, slide bersuara, animasi dan multimedia berbasis komputer. Penggunaan media pembelajaran dapat membantu dalam menyampaikan informasi dengan lebih mudah.

Berdasarkan alasan tersebut, maka perlu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap pemahaman konsep siswa kelas X pada materi atmosfer. Penelitian ini dilakukan di kelas X IPS 1 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang, pada semester ganjil tahun ajaran 2016-2017

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (Quasi Experimental), yaitu suatu penelitian yang berdasarkan suatu percobaan semu dimana kelompok control tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Instrument yang digunakan adalah instrument tes berupa tes essay.     Data hasil instrument tes essay dianalisis secara kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam menentukan sampel adalah teknik simple random sampling dan analisis data yang digunakan untuk penelitian ini adalah uji hipotesis.…………

 

Berdasarkan analisis data tersebut, diperoleh hasil terhadap pengaruh media audio visual terhadap pemahaman konsep siswa kelas X IPS 1 pada materi atmosfer. Hasil uji hipotesis terhadap data post test menunjukkan nilai t hitung=  0, 001 pada tes 1 dan tes 2. T hitung = 0,000 pada tes 2 dan 3. Nilai t table = 0,05. Nilai  t hitung < t tabel, sehingga Ho ditolak. Rata-rata pemahaman konsep siswa menggunakan media audio visual meningkat setiap tesnya. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa pada materi atmosfer dapat ditingkatkan melalui media audio visual.