SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Geografi Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X-IPS 5 SMA Negeri 1 Lawang.

IMAM . AMINUDIN

Abstrak


ABSTRAK

 

Aminudin, Imam. 2017. Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Geografi  Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X-IPS 5 SMA Negeri 1 Lawang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si, (II) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si.

 

Kata kunci: sumber belajar lingkungan, minat, hasil belajar

Pelaksanaan pembelajaran geografi di SMA Negeri 1 Lawang seharusnya lebih interaktif, menarik, dan menyenangkan bagi siswa. Namun kondisi pembelajaran di kelas X-IPS 5 terasa membosankan, kurang interaktif, dan tidak menarik bagi siswa. Kondisi seperti ini membuat minat belajar geografi siswa rendah. Selain minat belajar siswa yang rendah, hasil belajar siswa juga rendah. Hal ini dilihat dari rata-rata hasil ulangan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Rata-rata hasil belajar siswa pada pelajaran geografi sebesar 72,34 dari 32 siswa.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar mampu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur pengumpulan data menggunakan tes dan pengisian angket minat belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan membandingkan rata-rata skor minat belajar pra tindakan dan pasca tindakan dan membandingkan rata-rata hasil belajar siswa dari pra tindakan sampai siklus II.

Hasil penelitian ini adalah pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar geografi mampu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas X IPS 5 SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang pada materi Dinamikan Hidrosfer dan Dampaknya terhadap Kehidupan. Peningkatan minat belajar siswa dibuktikan dari hasil angket minat belajar siswa yang mengalami peningkatan sebesar 3, 17% dari rata-rata skor pra tindakan sebesar 76,17 menjadi 78,59 pada pasca tindakan. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa ini dibuktikan dengan menigkatnya rata-rata hasil belajar siswa sebesar 10,91% dari rata-rata pra tindakan sebesar 72,34 meningkat menjadi 79,12 (9,37%) pada siklus I dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 80,34 (1,54%).

 

Berdasarkan rumusan masalah dan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa lingkungan sebagai sumber belajar siswa dalam mata pelajaran geografi mampu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas X IPS 5 SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang pada materi Dinamikan Hidrosfer dan Dampaknya terhadap Kehidupan.