SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PEMANFAATAN STASIUN BMKG SAWAHAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MENGANALISIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X MA DARUNNAJAH DI KABUPATEN NGANJUK

Nafi'atul Fauziyah

Abstrak


ABSTRAK

Fauziyah, Nafi’atul. 2017.  Pengaruh Pemanfaatan Stasiun BMKG Sawahan Sebagai Sumber Belajar Terhadap Motivasi Dan Kemampuan Menganalisis Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X MA Darunnajah Kabupaten Nganjuk. Skripsi Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Yuswanti Ariani W.M.Si, (2) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si.

Kata Kunci: Stasiun BMKG, Motivasi, Menganalisis.

           

            Proses pembelajaran dalam setiap bidang studi diperlukan berbagai sumber belajar. Peranan guru dalam memilih sumber belajar sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran yang dilakukan di kelas (in door) maupun yang dilakukan di luar kelas (out door). Penggunaan sumber belajar yang tepat dapat menunjang proses pembelajaran. Pada mata pelajaran geografi yang objek kajiannya meliputi interaksi antara manusia dengan lingkungannya tentu sangat beragam sumber belajar yang dapat digunakan seperti lingkungan sekitar, lembaga-lembaga yang berkenaan dengan geografi salah satunya adalah BMKG.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pemanfaatan Stasiun BMKG sebagai sumber belajar untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan menganalisis siswa kelas X pada mata pelajaran geografi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experiment).  Penelitian ini dilaksanakan di MA Darunnajah Sawahan Kabupaten Nganjuk. Teknik analisis yang digunakan adalah Uji t dengan bantuan SPSS 19.0 for windows. Instrumen penilaian menggunakan soal yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitas, kemudian diberikan setelah perlakuan penelitian. Analisis yang digunakan adalah Independent sample t-test.

Berdasarkan hasil analisis t-test didapatkan bahwa nilai signifikansi adalah 0,034 < 0,05 maka H0 ditolak. Disimpulkan bahwa ada pengaruh pemanfaatan Stasiun BMKG sebagai sumber belajar terhadap motivasi dan kemampuan menganalisis siswa  MA Darunnajah Sawahan Kabupaten Nganjuk.Saran yang diberikan kepada: 1) guru diharapkan mampu menerapkan  Pengaruh pemanfaatan Stasiun BMKG Sawahan sebagai sumber belajar salah satu alternatif yang dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran terhadap meningkatnya motivasi belajar.2) sekolah, agar menganjurkan guru menerapakan pemanfaatan Stasiun BMKG sawahan sebagai sumber belajar. 3) peneliti selanjutnya sebaiknya menerapkan pemanfaatan stasiun BMKG di materi lain yaitu hidrosfer.