SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X.8 MA AL-MAARIF SINGOSARI

Khairus Syamsi

Abstrak


RINGKASAN

Syamsi, Khairus. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Geografi Kelas X.8 MA Al-Maarif Singosari. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd., (II) Ardyanto Tanjung, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci : Student Teams Achievement Divisions (STAD), Minat Belajar, Hasil Belajar      

Berdasarkan observasi pra tindakan yang dilaksanakan pada tanggal 08 Februari 2016 di kelas X.8 MA Al-Maarif Singosari, temuan yang didapatkan adalah sebagai berikut: (1) pengkondisian kelas kurang dilakukan oleh guru, terutama di awal pelajaran dan terlihat kelas sangat gaduh, (2) respon yang diberikan siswa dalam menanggapi pertanyaan dari guru tergolong kurang, dimana selama pembelajaran hanya terdapat beberapa siswa yang mengacungkan tangan untuk menjawab, (3) penggunaan model pembelajaran masih monoton dan bergantung pada guru.

Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui peningkatan minat belajar siswa kelas X.8 MA Al-Ma’arif Singosari pada materi dinamika hidrosfer dan dampaknya bagi kehidupan dengan menerapkan model pembelajaran STAD (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X.8 MA Al-Ma’arif Singosari pada materi dinamika hidrosfer.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini siswa kelas X.8 semester genap tahun ajaran 2016-2017 MA Al-Maarif Singosari dengan jumlah siswa 47 yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 30 siswa perempuan. Data minat belajar siswa diperoleh melalui pengisian lembar angket oleh keseluruhan siswa. Sementara itu, data hasil belajar siswa diperoleh melalui pembagian soal pada siswa dalam setiap akhir siklus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) minat belajar siswa setelah adanya perlakuan mengalami peningkatan dari keseluruhan indikator yang digunakan, indikator tersebut adalah: perhatian siswa, perasaan suka, ketertarikan siswa, dan partsipasi belajar siswa; (2) hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari setiap siklus, demikian hasil data yang diperoleh, data pra tindakan ditemukan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 72 %, siklus I sebesar 76 %, dan siklus II 82 %.