SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PELAJARAN GEOGRAFIKELAS X IPS 3 SMAN 2 BATU

Yohanes Baptista Daut

Abstrak


ABSTRAK

Daut, Yohanes Baptista. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem BasedLearning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pelajaran Geografi Kelas X IPS 3 SMAN 2 Batu.Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi FakultasIlmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(1) Ardyanto Tanjung, S.Pd, M.Pd(2) Drs. Hendri Purwito, M.Si

 

Kata KunciModel Pembelajaran Problem Based Learning

                                    Kemampuan berpikir kritis

 

              Berdasarkan hasil observasi terhadap proses pembelajaran yang dilakukan di SMAN 2 Batu, diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi tergolong masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes siswa yang menunjukan siswa kurang mampu memecahkan masalah yang ada dalam artikel. Hal ini disebabkan karena guru sering menggunakan model pembelajaran dimana siswa berusaha untuk menghafal materi. Sehingga siswa kurang mengolah pemikirannya sendiri. Model pembelajaran yang kemudian ditawarkan untuk mengatasi rendahnya tingkat berpikir kritis siswa adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran geografi di kelas X IPS 3 SMAN 2 Batu.

              Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan.Tiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi.Penelitian dilaksanakan pada kelas X IPS 3 dengan jumlah siswa 32 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kegiatan siswa dan soal tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes.

              Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran goegrafi kelas X IPS 3 SMAN 2 Batu. Rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 68,60% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 83,0%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPS 3 SMAN 2 Batu. Maka dari kesimpulan tersebut disarankan kepada guru bidangstudi untuk menerapkan model pembelajaranProblem Based Learning sebagai alternatifdalam upaya meningkatkan kemampuan berpikirkritis siswa serta dapat dijadikan landasan untuk melakukan penelitian sejenis di masa mendatang.