SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Lahan Terhadap Kondisi Ekonomi Masyarakat Di Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo

Deby Graito Wiyantoko

Abstrak


ABSTRAK

 

Wiyantoko, Deby Graito. 2017. Pengaruh Penggunaan Lahan Terhadap Kondisi Ekonomi Masyarakat Di Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Didik Taryana, M.Si., (II) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si.

 

Kata Kunci: Pengaruh penggunaan lahan, Ekonomi, Sooko.

 

Perngaruh Penggunaan Lahan merupakan pemanfaatan lahan pertanian dalam satu area pertanian. Pengaruh tersebut didasari oleh adanya kepemilikan dua jenis tanaman, yaitu padi dan jagung yang dimanfaatkan oleh petani di Kecamatan Sooko. Adanya perbedaan tersebut berdampak terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat karena tanaman padi dan jagung memiliki tingkat produksi dan harga yang berbeda yang dapat mempengaruhi pendapatan petani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan lahan pertanian terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat di Kecamatan Sooko.

Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kuantittatif dengan metode survey dan wawancara pada petani yang memilik lahan padi dan jagung. Teknik penentuan sampel di daerah penelitian menggunakan area sampling dan purposive random sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel (1) Luas lahan Padi dan Jagung (2) Produksi Padi dan Jagung (3) Pendidikan (4) Beban tanggungan. Variabel yang dikorelasikan(1) Pendapatan. Analisis penelitian yang digunakan adalah analisi Tabulasi Tunggal dan analisis Tabulasi Silang.

Hasil dari penelitian menunjukkan: (1) Petani Jagung lebih banyak memiliki reponden, yaitu sebesar 66 Responden dibanding Petani Padi yang hanya 53 Responden terhadap tingkat Pendapatan, (2) Produksi Jagung lebih banyak memiliki Responden sebesar 83 Responden dibanding Produksi Padi yang hanya 41 Responden, (3) Terdapat pengaruh antara Pendidikan terhadap Pendapatan Petani , (4) Terdapat pengaruh antara Beban Tanggungan terhadap tingkat Pendapatan Petani. Berdasarkan Analisis Tabulasi Silang, diantara Pertanian Padi dan Pertanian jagung lebih berpengaruh Pertanian Jagung daripada Pertanian Padi terhadap tingkat Sosial Ekonomi masyarakat di Kecamatan Sooko.