SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kontribusi Objek Wisata Air Terjun Tumpak Sewu Terhadap Kondsi Ekonomi Masyarakat Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang

Pranidana Anugerah Wicaksono

Abstrak


ABSTRAK

 

Wicaksono, Pranidana Anugerah. 2017. Kontribusi Objek Wisata Air Terjun Tumpak Sewu Terhadap Kondsi Ekonomi Masyarakat Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Singgih Susilo, M.S, M.Si, (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si.

 

Kata Kunci: Kontribusi ObjekWisata, Ekonomi, Air Terjun Tumpak Sewu.

 

Pariwisata merupakan perjalanan dari satu tempat ketempat lain bersifat sementara, dilakukan perorangan atau kelonpok, sebagai usaha mencari keseimbangan dan kebahagiaan dengan lingkungan hidup dalam dimensi sosial, budaya, alam, danilmu. Adanya objek wisata tersebut memberikan kontribusi terhadap kondisi ekonomi masyarakat Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang. Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar kontribusi objek wisata Air Terjun Tumpak Sewu terhadap kondisi ekonomi masyarakat Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang.

Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif  Kuantitatif dengan Metode Observasi, Wawancara dan Kuisioner pada masyarakat sekitar objek wisata Air Terjun yang tergabung dalam POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata). Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 50 orang yang bekerja secara langsung maupun tidak di Objek Wisata Air Terjun Tumpak Sewu. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari (1) Karakteristik Responden dengan indicator Umur, Status Perkawinan, Pendidikan Formal, Beban Tanggungan. (2) Kondisi Ekonomi dengan indicator Pekerjaan Pokok dan Pekerjaan Sampingan.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) responden yang bekerja di objek wisata air terjun tumpak sewu didominasi oleh masyarakat dengan umur 20-29 tahun berjumlah 20 orang, (2) responden yang bekerja mayoritas memiliki jenjang pendidikan terakhir SD, (3) beban tanggungan berjumlah 3 orang, (4) kontribusi sebesar 10%-20% sebanyak 22 responden, (5)kontribusi sebesar 20%-30% sebanyak 28 responden.