SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN GEOGRAFI SMA NEGERI NGORO KABUPATEN JOMBANG

Danang Prasetyo Mukti

Abstrak


ABSTRAK

 

Mukti, Danang Prasetyo. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Mata Pelajaran Geografi SMA Negeri Ngoro Kabupaten Jombang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hadi Soekamto, S.H.,M.Pd., M.Si, (II) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Group Investigation, Kemampuan Berpikir Analitis

 

Hasil belajar geografi siswa SMA belum menunjukkan kemampuan berpikir analitis tinggi. Hal tersebut dikarenakan kegiatan belajar mengajar geografi belum menunjukkan proses yang mengajak siswa untuk berpikir dan mengeksplorasi serta pembelajaran lebih banyak materi ajar dalam ranah kognitif pengetahuan dan pemahaman, sedangkan analisis, evaluasi, dan sintesis kurang mendapatkan perhatian. Upaya mengatasi permasalahan tersebut diperlukan model pembelajaran geografi yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir analitis siswa yaitu Group Investigation (GI).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakahmodel pembelajaran Group Investigation berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitissiswa kelas X IPS SMANegeriNgoro. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasy experiment), dengan menggunakan rancangan nonequivalent control group design. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan soal esai dengan jumlah lima butir soal yang sudah melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan independent sample t-test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas X IPS SMANegeri Ngoro. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai gain score kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 14,71 untuk kelas eksperimen dan 10,37untuk kelas kontrol. Pada hasil uji hipotesis dengan nilai sig. (2-tailed) yang diperoleh adalah 0.002 atau dengan kata lain nilai sig. (2-tailed)