SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Media Video Materi Kearifan Lokal Dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Pancasila Ambulu Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember

Sad Riyadi Agus Kristiono

Abstrak


ABSTRAK

 

Kristiono, Sad Riyadi Agus. 2017. Penggunaan Media Video Materi Kearifan Lokal Dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Pancasila Ambulu Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Skripsi. Jurusan Pendidikan Geografi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu,M.Si. (II) Syamsul Bachri, S.Si, M.Sc., Ph.D.

 

Kata Kunci: Media Video, Motivasi Belajar

 

Penelitian ini berdasarkan permasalahan dari observasi awal di kelas XI IPS 1 SMA Pancasila Ambulu pada pelajaran geografi. Observasi awal menunjukkan terdapat 57% siswa yang bermasalah dengan motivasi belajar di dalam kelas. Permasalahan motivasi belajar tersebut seperti siswa yang mengobrol dengan teman sebangku, sering keluar kelas, bermain telepon seluler,  mengerjakan tugas selain geografi, dan tertidur. Selain itu permasalahan juga disebabkan kurangnya variasi media pembelajaran yang membuat siswa merasa bosan. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran masih rendah.

Penelitian ini memiliki tujuan menjelaskan penggunaan media video untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di dalam kelas. Metode penggunaan media pembelajaran video dipilih agar konsentrasi, perhatian, antusias,dan semangat belajar siswa tidak cepat hilang. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Pancasila Ambulu yang beralamat Jl. Ronggolawe No. 5 Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Subjek penelitian adalah 33 siswa kelas XI IPS 1 SMA Pancasila Ambulu. Materi pelajaran pada saat penelitian yaitu kearifan lokal dalam pemanfaatan sumber daya alam. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan angket.

Hasil analisis pada siklus I ke siklus II diketahui motivasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Pancasila Ambulu meningkat setelah menggunakan media pembelajaran video. Rata-rata nilai akhir motivasi belajar siswa pada siklus II untuk tiap indikator yaitu attention sebesar 77,8, relevance sebesar 81,8, convidence sebesar 86,1, dan satisfaction sebesar 80,5. Hasil penelitian ini memperoleh hasil bahwa kategori motivasi belajar siswa sangat baik sebesar 30% dan baik 70%. Rata-rata motivasi belajar siswa secara klasikal meningkat 3,8% dari siklus I sebesar 78,2 ke siklus II sebesar 81,2.

Hasil penelitian diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran video dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Pancasila Ambulu Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember pada materi Kearifan Lokal Dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Oleh karena itu, disarankan untuk pembelajaran selanjutnya agar menggunakan media pembelajaran video dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di dalam kelas.