SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL TIME TOKEN ARRENDS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI MATERIHIDROSFER KELAS X7MA AL MA’ARIF SINGOSARI

aries prastiawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Prastiawan, Aries. 2017.Penerapan Model Time Token Arrendsuntuk

MeningkatkanMinat dan HasilBelajarSiswadalamPembelajaranGeografiMateriHidrosferKelas X7MA Al Ma’arifSingosari. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (1)Drs. Yusuf Suharto, M.Pd, (2) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si

 

Kata kunci: Time Token Arrends, Minat Belajar, Hasil Belajar

Berdasarkan hasil observasi di MA AL MA’ARIF Singosari terdapat permasalahan dalam proses pembelajaran. Minat belajar siswa pada kelas X 7 rendah. Hal ini terlihat saat pembelajaran beberapa siswa yang duduk di deretan belakang kurang fokus dan tidak aktif berpartisipasi dalam pembelajaran, tidak hanya minat yang rendah tetapi hasil belajar siswa di kelas X 7 juga rendah. Hal ini diketahui dari nilai pra tindakan kelas X 7 rata-rata nilainya 75,36 diantaranya 18 siswa yang tuntas sesuai dengan KKM dan 29 siswa tidak tuntas dengan nilai di bawah KKM. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Time Token Arrends

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan minat belajar siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi dengan menggunakan model Time Token Arrends. Penelitian dilakukan di MA Al Maarif Singosari Kabupaten Malang yang jumlah siswanya adalah 47 siswa. Data dalam penelitian ini adalah data minat dikumpulkan dengan memberikan lembar angket dan data hasil belajar siswa dengan memberikan tes. Analisis data dilakukan dengan membandingkan rata-rata minat dan hasil belajar siswa dengan menggunakan tabel dan grafik.

Berdasarkan hasil penelitian,terungkap bahwa minat belajar dan hasil belajar geografi siswa kelas X 7 MA Al Maarif Singosari telah mengalami peningkatan. Rata-rata nilai minat belajar pra tindakan 53,28, mengalami peningkatan setelah dilaksanakan tindakan siklus I 65,72 dan pada tindakan siklus II meningkat lagi 76,60. Sejalan dengan minat, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan setiap siklusnya. Dari nilai hasil belajar pra siklus 75,36 meningkat pada siklus I 78,70. Peningkatan tersebut s 3,34. Dari siklus I 78,70 ke siklus II meningkat 85,10. Peningkatan tersebut sebesar 6,4.

 

Berdasarkan paparan tersebut dapat dikatakan bahwa pemberian tindakan dengan model Time Token Arrendstelah berhasil. Berhasilnya penelitian karena adanya peningkatan pada minat maupun hasil belajar siswa di kelas X 7 MA Al Maarif Singosari Kabupaten Malang. Peningkatan tersebut terlihat dari perbandingan skor pra tindakan,  siklus I dan siklus II.