SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS X IPS 2 DI SMA NEGERI 6 KOTA MALANG

munawaroh . .

Abstrak


ABSTRAK

 

Munawaroh. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geografi  Peserta Didik Kelas X IPS 2  Di SMA Negeri 6 Kota Malang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:

(1) Dr. Budi Handoyo, M.Si (2) Ardyanto Tanjung, S.Pd, M.Pd

 

Kata Kunci: penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE), pemahaman konsep

Permasalahan penelitian ini adalah pemahaman konsep geografi peserta didik kelas X IPS 2 di SMA Negeri 6 Kota Malang yang rendah. Hal ini terlihat pada hasil observasi awal yang dilakukan pada bulan November 2017 di kelas X IPS 2 ditandai dengan beberapa temuan, antara lain: 1) dalam kegiatan belajar mengajar, peserta didik tidak berani untuk mengungkapkan gagasan atau tanggapan, 2) peserta didik menganggap bahwa mata pelajaran geografi banyak konsep yang harus dihafal, 3) hasil ujian tengah semester peserta didik menunjukkan 77% belum memenuhi KKM yang ditentukan. Hal tersebut menyebabkan pemahaman konsep geografi peserta didik rendah.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) dalam meningkatkan pemahaman konsep geografi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari pra tindakan, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Subjek penelitian yakni peserta didik kelas X IPS 2 SMA Negeri 6 Kota Malang dengan jumlah 30 peserta didik. Materi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dinamika atmosfer dan dampaknya bagi kehidupan.  Pengambilan data dengan lembar observasi, catatan lapangan, dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penurunan dan peningkatan pemahaman konsep geografi peserta didik SMA Negeri 6 Kota Malang. Penurunan dan peningkatan dapat dilihat dari rata-rata pemahaman konsep peserta didik pada  siklus I sebesar 67,14  dan siklus II menjadi 84,38. Peningkatan pemahaman konsep peserta didik dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 17,24. Ada peningkatan yang sangat signifikan dari siklus I ke siklus II ini dikarenakan karakteristik materi yang disajikan pada siklus I  lebih sulit daripada siklus II.  Model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) ini diharapkan dapat digunakan guru mata pelajaran geografi sebagai alternatif model pembelajaran. Selain itu penggunaan media pembelajaran yang bervariasi juga sangat dianjurkan, karena akan memudahkan peserta didik dalam memahami konsep yang diajarkan.