SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Buku Pelajaran Geografi SMA/MA Kelas X Pada Materi Hubungan Manusia dan Lingkungan Akibat Dinamika Atmosfer

lathifah dewi humairo

Abstrak


ABSTRAK

 

Humairo, Lathifah Dewi. 2017. Analisis Buku Pelajaran Geografi SMA/MA Kelas X Pada Materi Hubungan Manusia Dan Lingkungan Akibat Dinamika Atmosfer. Skripsi, Jurusan Geografi, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof.Edy Purwanto, M. Pd. (II) Dr. Didik Taryana, M. Si.

 

Kata kunci: analisis buku pelajaran, dinamika atmosfer, kesesuaian isi dengan kurikulum, kebenaran konsep, kebenaran bahasa, fungsi media.

Buku pelajaran memiliki peran yang penting bagi siswa dan guru. Oleh karena itu buku yang digunakan harus berkualitas, sehingga dapat mendukung keberhasilan siswa maupun guru dalam pembelajaran. Kualitas suatu buku pelajaran dapat diketahui melalui beberapa aspek, yaitu: kesesuaian materi dengan kurikulum, kebenaran konsep, kebenaran bahasa, dan kesesuaian fungsi media.

Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian materi dengan kurikulum 2013, kebenaran konsep konkret dan terdefinisi. Selain itu bertujuan untuk mengatahui kebenaran bahasa, yang meliputi: tanda baca, kosakata, kalimat, dan paragraf sesuai dengan kaidah tata bahasa Indonesia, serta untuk mengetahui kesesuaian fungsi media gambar yang digunakan untuk menjelaskan materi dalam buku pelajaran.

Penelitian ini tergolong analisis isi yang bertujuan untuk mengungkapkan atau menggambarkan masalah sesuai fakta. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku pelajaran geografi terbitan Erlangga pada materi Hubungan Manusia Dan Lingkungan Akibat Dinamika Atmosfer. Instrumen yang digunakan berupa rubrik penilaian yang tersusun dalam tabel.

Berdasarkan hasil penelitian terhadap buku pelajaran geografi kelas X pada materi Hubungan Manusia Dan Lingkungan Akibat Dinamika Atmosfer menunjukkan bahwa masih ditemukan kelemahan-kelemahan. Beberapa kelemahan tersebut, meliputi: Pertama, kesesuaian isi materi dengan kurikulum tergolong sedang dengan persentase kesalahan sebesar 10,3%. Kedua, kebenaran konsep konkret tergolong rendah dengan persentase 100%, sedangkan konsep terdefinisi tergolong sedang dengan persentase 20,4%. Ketiga, kebenaran bahasa tergolong sedang. Keempat, kesesuaian fungsi media dengan materi tergolong sedang dengan persentase 18,75%.

 

Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa buku pelajaran geografi pada materi hubungan manusia dan lingkungan akibat dinamika atmosfer masih banyak ditemukan kesalahan. Oleh karena itu, terdapat beberapa saran yang dapat disampaikan, (1) bagi guru maupun siswa seharusnya lebih selektif dalam memilih buku pelajaran yang berkualitas, baik dari segi kurikulum, bahasa, maupun media serta tidak menjadikan buku tersebut sebagai acuan utama, melainkan menggunakan beberapa buku dari penerbit yang lain (2) bagi penerbit, seharusnya lebih teliti sebelum menerima karya ataupun mencetak buku, selain itu juga pihak penerbit melakukan penyuntingan dengan bantuan para ahli dibidangnya.