SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA MINAT MEMILIH PROGRAM LINTAS MINAT GEOGRAFI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI se-KOTA MALANG

aditya wisnu pratama

Abstrak


ABSTRAK

 

Pratama, Aditya Wisnu. 2016. Hubungan Antara Minat Pemilih Program Lintas Minat Geografi Dengan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri Se-Kota Malang, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Budi Handoyo M.Si, (II) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto M.Si.

 

Kata Kunci:  Minat, Lintas Minat, Hasil Belajar

Setiap siswa memiliki potensi dan minat serta karakteristik diri.  Proses menyelenggarakan pendidikan harus sesuai potensi, minat dan karakteristik anak menjadi sebuah keharusan untuk mengembangkan potensi mereka. Lintas minat merupakan bagian dari peminatan yang ada pada kurikulum 2013. Pemilihan pelajaran lintas minat yang dilakukan oleh siswa sendiri tanpa adanya paksaan dari pihak luar akan mempengaruhi hasil belajar siswa itu sendiri.

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara minat pemilih program lintas minat geografi dengan hasil belajar siswa SMA Negeri se-kota Malang.Penelitian ini merupakan penelitian  ex-postfacto jenis correlational research study. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis deskriptif korelasioanal. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI di SMA Negeri se-Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket untuk melihat besarnya minat siswa dan dokumentasi hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah Korelasi Product-Moment Pearson menggunakan bantuan SPSS 18.0 For Windows.  Taraf sinifikansi uji hipotesis Korelasi Product-Moment Pearson sebesar 0,00.

 

Hasil penelitian penelitian menunjukkan bahawa Temuan hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan signifikan antara minat pemilih dengan hasil belajar siswa. Hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa SMA Negeri se-Kota Malang diduga didasari faktor Ketertarikan yang menurut peneliti menjadi alasan pendukung dari hubungan signifikan yang positif antara minat pemilih dengan hasil belajar. Berdasarkan temuan penelitan, untuk meningkatkan minat siswa dalam memilih program lintas minat geografi, guru atau sekolah harus memberikan sosialisasi pentingnya belajar geografi agar siswa tertarik untuk memilih program lintas minat geografi.