SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI KEPENDUDUKAN SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 REJOTANGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG

evrilia retno ningtyas

Abstrak


ABSTRAK

 

Ningtyas, Evrilia Retno. 2017. Penerapan Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan Media Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mata Pelajaran Geografi Materi Kependudukan Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rejotangan Kabupaten Tulungagung. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Budi Handoyo, M.Si, (II) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M.Si.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran NHT, Media Visual, Pemahaman Konsep

Pembelajaran Geografi di sekolah masih ditemukan berbagai kelemahan, salah satunya adalah model pembelajaran yang tidak menarik bagi siswa. Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan pada tanggal 22 Februaridi SMA Negeri 1 Rejotangan Kabupaten Tulungagung pada kelas XI IPS diketahui bahwa kegiatan pembelajaran masih di dominasi oleh guru, sedangkan siswa hanya duduk, mendengan, mencatat, dan kurang aktif dalam kegiatan diskusi, hal ini yang menyebabkan pemahaman konsep siswa menjadi kurang atau rendah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT).

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Peneliti terlibat langsung dalam proses penelitian mulai dari perencanaa, pelaksanaan, hingga pelaporan data. Kegiatan pembelajaran terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri darikegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS berjumlah 37 siswa semester genap SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengumpulan data pemahaman konsep belajar siswa diambil dari hasil tes padaakhir siklus I dan II. Analisis data dilakukan dengan cara diskriptif yaitu dengan cara membandingkan rata-rata hasil tes siklus I dan siklus II dengan menggunakan tabel dan grafik.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan media visual dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hasil analisis data kemampuan memahami konsep mengalami peningkatan sebesar 13% dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I rata-rata nilai pemahaman konsep siswa sebesar 69 dengan kualifikasi cukup meningkat pada siklus II menjadi 78 dengan kualifikasi tinggi.