SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI MITIGASI BENCANA MENGGUNAKAN ANIMASI FLASH PLAYER

Dika Iqbal Pratama

Abstrak


ABSTRAK

 

Pratama, Dika Iqbal. 2017. Pengembangan media pembelajaran pada materi mitigasi bencana menggunakan animasi flash player. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Budi Handoyo, M.Si, (2) Drs. Djoko Soelistijo, M.Si.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Animasi, Mitigasi bencana

 

Perkembangan media pembelajaran semakin beragam seiring kemajuan teknologi. Penggunaan media dalam proses pembelajaran sangat dirasa dapat membangkitkan motivasi, keinginan dan minat belajar yang baru bagi siswa. Media pembelajaran berbasis animasi bisa menjadi salah satu pilihan dalam pembelajaran. Media berbasis animasi juga mampu menampilkan gambaran fenomena yang ada. Materi mitigasi bencana merupakan materi yang sesuai menggunakan media berbasis animasi untuk menyajikan proses mitigasi bencana. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan media pembelajaran materi mitigasi bencana menggunakan flash player. Melalui media pembelajaran menggunakan flash player ini siswa dapat melihat proses mitigasi bencana yang disajikan dalam bentuk animasi yang menarik.

Penelitian dan pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model pengembangan dari Borg and Gall. Prosedur pengembangan media pembelajaran yang digunakan ada beberapa tahapan yaitu analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan produk, validasi ahli, revisi, ujicoba produk, distribusi hasil produk. Validasi media pembelajaran dilakukan oleh ahli media dan ahli materi yang berkompetensi dalam bidangnya. Hasil validasi dari kedua ahli berupa rekomendasi terhadap kekurangan dari media pembelajaran. Ujicoba produk dilakukan pada 20 orang siswa kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Batu. Tujuan ujicoba ialah untuk mengetahui ketertarikan siswa terhadap media pembelajaran.

Berdasarkan rekomendasi ahli secara umum media telah valid, namun ada beberapa saran perbaikan meliputi tampilan dan materi dari media. Hasil ujicoba berdasarkan tingkat kemenarikan dari 10 item pertanyaan sebanyak 9 pertanyaan berklasifikasi menarik dan 1 pertanyaan berklasifikasi cukup menarik. Total skor hasil ujicoba adalah 515 dengan persentase 85,83%. Sehingga dapat dikatakan media pembelajaran ini menarik.

Penelitian pengembangan ini masih banyak kekurangan salah satunya pengembangan hanya terbatas pada mitigasi bencana erupsi gunung api. Disarankan untuk pengembang selanjutnya membuat media dengan sub bab yang lain. Untuk guru Geografi disarankan menggunakan media pembelajaran ini untuk mempermudah siswa dalam memahami materi mitigasi bencana khususnya erupsi gunung api.