SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS XI IIS-3 SMA NEGERI 1 TUMPANG KABUPATEN MALANG

KORNELIA HILDA HASNA

Abstrak


ABSTRAK

 

Hasna, Kornelia Hilda. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Take And Give Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geografi Peserta Didik Kelas XI IIS-3 SMA Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang.Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra.Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si (2) Drs. Hendri Purwinto, M.Si

 

Kata Kunci: Penerapan Model Pembelajran Take and Give, Pemahaman Konsep

 

SMA Negeri 1 Tumpang merupakan salah satu sekolah negeri yang ada di Tumpang Kabupaten Malang yang mengalami permasalahan pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini berdasarkan permasalahan yang dialami peserta didik kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang yaitu rendahnya pemahaman konsep pada pembelajaran geografi. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan pada bulan November 2017 di kelas XI IIS 3 peserta didik masih kesulitan dalam memahami konsep  yang di ajarkan, dengan kata lain pemahaman konsep peserta didik masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan beberapa temuan, antara lain : 1) Dalam kegiatan belajar mengajar, guru menggunakan metode ceramah sehingga menimbulkan kebosanan peserta didik hal ini mengakibatkan peserta didik sibuk dengan aktifitasnya sendiri, 2) peserta didik cendrung menghafal tanpa memahami materi. Pemahaman konsep yang rendah ini dikarenakan kurangnya variasi model pembelajaran yang digunakan oleh guru yang didominasi dengan metode ceramah.

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran take and give pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari pra tindakan, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Subjek penelitian yakni peserta didik kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang dengan jumlah 39 peserta didik. Materi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam.  Pengambilan data dengan lembar observasi, catatan lapangan, dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep geografi peserta didik SMA Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang. Rata-rata pemahaman konsep peserta didik sebesar 67,44 pada siklus I pada siklus II 88,59. Peningkatan pemahaman konsep peserta didik dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 21,15 menjadi 23,87%. Model pembelajaran take and give ini diharapkan dapat digunakan guru mata pelajaran geografi sebagai alternatif model pembelajaran. Selain itu penggunaan media pembelajaran yang bervariasi juga sangat dianjurkan, karena akan memudahkan peserta didik dalam memahami konsep yang diajarkan.