SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS BUKU PELAJARAN GEOGRAFI SMA KELAS XI MATERI BUDAYA NASIONAL DAN INTERAKSI GLOBAL

SITI FATIMAH

Abstrak


 

RINGKASAN

 

 

Fatimah, Siti. 2017. Analisis Buku Pelajaran Geografi SMA Kelas XI Materi Budaya Nasional dan Interaksi Global. Skripsi. Jurusan Geografi. Program Studi Pendidikan Geografi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Edy Purwanto, M.Pd (II) Purwanto, S.Pd, M.Si.

 

Kata Kunci:Analisis, buku pelajaran geografi penerbit Erlangga, budaya nasional dan interaksi global

 

Buku pelajaran penting sebagai sumber belajar. Oleh karena itu, buku
pelajaran harus berkualitas baik dari aspek materi, konsep, bahasa, dan fungsi
media. Berdasarkan observasi awal terhadap buku pelajaran geografi SMA/MA
kelas XI penerbit Erlangga ditemukan kesalahan-kesalahan. Kesalahan tersebut,
yaitu konsep, bahasa, dan media yang tidak berfungsi. Dengan demikian, buku
pelajaran geografi perlu dianalisis lebih lanjut.

Tujuan analisis buku pelajaran geografi SMA/MA kelas XI, yaitu: 1)
mengkaji kesesuaian skope dan sikuen materi buku pelajaran dengan kurikulum
2013. 2) Mengaji tingkat kebenaran konsep dalam buku pelajaran. 3) Mengaji
kebenaran bahasa yang meliputi: tanda baca, kosakata, kalimat, dan paragraf. 4)
Mengaji fungsi media gambar yang digunakan untuk memperjelas materi dalam
buku pelajaran.

Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi. Sumber data
penelitian ini adalah buku pelajaran geografi SMA/MA Kelas XI penerbit
Erlangga. Kajian utama penelitian ini pada kompetensi dasar menganalisis
keragaman budaya bangsa sebagai identitas nasional dalam konteks interaksi
global dan menyajikannya dalam bentuk gambar dan peta.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian skope dan sikuen materi
dengan kurikulum tergolong sedang dengan ketidaksesuaian 20%. Kebenaran
konsep tergolong rendah dengan persentase kesalahan 42,5%. Kebenaran bahasa
yang meliputi: tanda baca tergolong sedang (kesalahan 7,09%), kosakata
termasuk tinggi (kesalahan 0,27%), kalimat terkategori sedang (kesalahan 7,98%),
dan paragraf terklasifikasi rendah (kesalahan 39,24%). Fungsi media tergolong
rendah dengan persentase gambar tidak berfungsi sebesar 78,95%.

Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan buku pelajaran geografi
SMA/MA kelas XI penerbit Erlangga memiliki banyak kesalahan meliputi: skope
dan sikuen materi kurang sesuai dengan kurikulum, kesalahan konsep dan bahasa,
serta media yang tidak berfungsi. Oleh karena itu, disarankan beberapa hal yaitu:
1) guru harus menelaah terlebih dahulu materi yang akan diajarkan kepada siswa
agar kesalahan dapat diperbaiki. 2) Penulis harus merevisi buku sehingga
kesalahan-kesalahan buku baik konsep, bahasa, dan media berkurang serta
keberadaan editor ahli yang lengkap perlu sebelum buku diterbitkan. 3) Peneliti
selanjutnya dapat melakukan penelitian sejenis dengan metode lain.