SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA BIDANG STUDI GEOGRAFI DI SMA NEGERI 10 MALANG

OKVITA TRI MARDHIYAH

Abstrak


ABSTRAK
Mardhiyah, Okvita Tri. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Teams Games
Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Bidang
Studi Geografi di SMA Negeri 10 Malang. Skripsi, Jurusan Geografi
Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing:
(I) Drs. Budi Handoyo, M.Si, (II) Drs. Yusuf Suharto.
Kata kunci: Motivasi belajar geografi siswa, Teams Games Tournament
Hasil observasi awal di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 10 Malang
menunjukkan motivasi siswa kelas XI SMA Negeri 10 Malang pada saat
mengikuti pelajaran geografi sangat rendah yaitu diketahui bahwa pada saat
pembelajaran siswa yang catatannya lengkap sebanyak 42,11%, yang
mendengarkan penjelasan guru dengan seksama 47,37%, siswa yang tidak
berbicara di luar konteks materi 28,95%, yang bertanya hanya 13,16%, dan yang
mengerjakan tugas yang diberikan guru 60,53%. Apabila guru melontarkan
pertanyaan hanya 18,42% yang berebut menjawab pertanyaan dari guru.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar geografi
siswa kelas XI SMA Negeri 10 Malang dengan menerapkan model pembelajaran
kooperatif Teams Geam Tournament (TGT). Pembelajaran kooperatif Teams
Games Tournament (TGT) dalam penelitian ini diterapkan pada materi kelas XI
semester 1 pada indikator menghitung tingkat kelahiran, kematian, dan migrasi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2
siklus, di mana setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS 4 SMA
Negeri 10 Malang sebanyak 38 siswa. Motivasi siswa diukur dengan 4 indikator
motivasi yaitu attention (perhatian), relevance (relevansi), convidence (percaya
diri) dan satisfaction (kepuasan). Untuk mengukur motivasi siswa digunakan
instrumen berupa angket dan lembar observasi. Angket motivasi siswa dianalisis
menggunakan rumus persentase sedangkan lembar observasi dianalisis dengan
menggunakan rumus keberhasilan tindakan. Data mengenai motivasi belajar
geografi siswa dalam penelitian ini dianalisis secara klasikal.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi
belajar geografi siswa dari sebelum, setelah pelaksanaan siklus 1 dan setelah
pelaksanaan siklus 2. Peningkatan motivasi belajar geografi siswa ini dilihat dari
peningkatan persentase baik tiap deskriptor maupun indikator motivasi yang
mengalami peningkatan.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif
model Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi belajar
geografi di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 10 Malang. Saran yang dapat kami
berikan setelah melaksanakan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran
Teams Games Tournament (TGT) yaitu: (1) bagi guru geografi agar dapat
menggunakan model pembelajaran TGT pada kompetensi lain untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa, (2) bagi sekolah agar dapat dijadikan
referensi untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran di sekolah.