SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Tinjauan Geografis terhadap upaya Pengembangan Obyek Wisata Gua Coban di Desa Gajahrejo Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang

Iis Dewi Masruroh

Abstrak


ABSTRAK

Masruroh, Iis Dewi. 2017. Tinjauan Geografis terhadap upaya Pengembangan Obyek Wisata Gua Coban di Desa Gajahrejo Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ach Amirudin, M.Pd (II) Dr. Singgih Susilo, M.Si, M.S

Kata kunci: Faktor-faktor Geografi, Pariwisata dan Pengembangan Pariwisata

Pengembangan pariwisata adalah upaya untuk lebih meningkatkan sumber daya  yang  dimiliki  oleh  suatu  obyek  wisata  dengan  cara  melakukan pembangunan unsur-unsur fisik maupun non fisik dari sistem pariwisata sehinggga meningkatkan produktifitas. Kondisi fisik gua adalah gambaran morfologi gua yang khas mencakup lebar lorong, tinggi lorong, kedalaman dan bentuk lorong serta keberadaan sumber air (sungai bawah tanah, kolam, rembesan/tetesan air). Dalam pembangunan dan pengembangan kawasan obyek wisata Gua Coban, kondisi geografi sekitar obyek wisata menjadi faktor yang sangat penting dalam pelaksanaan pembangunan dan pengembangan kawasaan obyek wisata agar pembangunan dan pengembangan obyek wisata Gua Coban sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Penelitian ini bertujuan mengkaji karakteristik kondisi fisik Gua Coban di Desa Gajahrejo Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang dan mengkaji faktor-faktor geografi yang mendukung dalam pengembangan wisata Gua Coban di Desa Gajahrejo Kecamatan Gedangan Kabupaten. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey dan observasi.

Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa dalam pengembangan obyek wisata tidak lepas dari peranan faktor-faktor geografis. Dan masing-masing faktor-faktor geografis tersebut pada dasarnya saling mempengaruhi satu sama lain, Dari hasil penelitian dapat diketahui faktor-faktor geografis yang berperan dominan dalam mendukung pengembangan obyek wisata Gua Coban meliputi lokasi, kondisi iklim, kondisi air dan geologi. Sedangkan faktor-faktor geografis yang kurang mendukung dalam pengembangan obyek wisata alam Gua Coban adalah kemiringan lereng, flora fauna, dan  tanah.

Dalam memilih dan menempatkan lokasi untuk kawasan bermain tambahan, tempat berkemah, tempat piknik dan jalan setapak harus memperhatikan faktor fisik yaitu kondisi tanah dan kemiringan lereng. Pihak pengelola maupun Dinas Pariwisata harus lebih intensif dalam pengelolaan obyek wisata terkait dengan topografi di kawasan obyek wisata yang berupa perbukitan dengna lembah dan lereng yang terjal. Mengadakan koleksi flora dan fauna agar dapat mengimbangi obyek wisata gua sehingga dapat menjadi daya tari tambahan bagi keberadaan obyek wisata Gua Coban tersebut.