SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kontribusi Pendapatan Tenaga Kerja Wanita Industri Rumahan Pembuat Rengginang terhadap Pendapatan Keluarga di Desa Sambigede Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang

Chandra Permana Yuga Saputra

Abstrak


ABSTRAK

 

Saputra, Chandra Permana Yuga. 2017. Kontribusi Pendapatan Tenaga Kerja Wanita Industri Rumahan Pembuat Rengginang terhadap Pendapatan Keluarga di Desa Sambigede Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Singgih Susilo, M.S, M.Si (II) Prof. Dr. Budijanto, M.Sos

 

Kata Kunci: Tenaga Kerja Wanita, Industri, Pendapatan, Kontribusi

 

Peningkatan jumlah penduduk yang semakin pesat mengakibatkan terjadinya peningkatan tenaga kerja. Dengan meningkatnya jumlah angkatan tenaga kerja tentunya akan berdampak pada kesempatan untuk mendapat sebuah lapangan pekerjaan. Industri rumahan pembuat rengginang di Desa Sambigede Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang menjadi alternatif dalam penyerapan tenaga kerja khususnya para wanita yang bertujuan untuk membantu suami dan keluarga dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sosial, ekonomi, dan demografis tenaga kerja wanita, faktor-faktor  yang menyebabkan tenaga kerja wanita memilih bekerja di industri rumahan pembuat rengginang, aktivitas kerja tenaga kerja wanita, dan besarnya kontribusi pendapatan tenaga kerja wanita industri rumahan pembuat rengginang yang diberikan kepada keluarga. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh tenaga kerja wanita yang bekerja di industri rumahan pembuat rengginang Desa Sambigede. Sampel yang diteliti adalah keseluruhan dari populasi yang ada sebanyak 44 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumenter. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tabulasi tunggal.

Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa sebagian besar tenaga kerja wanita industri rumahan pembuat rengginang merupakan lulusan SMP. Pendapatan tenaga kerja wanita rata-rata Rp 652.000,- per bulan. Sebagian besar tenaga kerja wanita berusia produktif dan rata-rata berstatus kawin dan mayoritas memiliki beban tanggungan keluarga sebanyak 2 orang. Sebagian besar jarak antara rumah tenaga kerja wanita dengan tempat kerja adalah 1 sampai 2 kilometer dan banyak diantara mereka yang berjalan kaki dan menggunakan sepeda untuk menuju ketempat kerjanya. Sebagian besar tenaga kerja wanita ini memutuskan bekerja di industri rumahan pembuat rengginang tersebut adalah atas dasar keinginan sendiri dan bertujuan untuk membantu suami atau keluarga mencari nafkah. Sebanyak 24 orang tenaga kerja wanita dari jumlah total 44 orang bekerja selama 6 jam tiap harinya, dan yang 20 orang bekerja selama 5 jam tiap harinya. Semua tenaga kerja wanita tersebut menerima upah dengan system borongan dan kontribusi pendapatan yang diberikan kepada keluarga rata-rata sebesar 35,83 %.