SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Berbasis Outdoor Study Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi.

Milang Kumara

Abstrak


RINGKASAN

 

Kumara, Milang. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Berbasis Outdoor Study Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Purwanto, S. Pd., M. Si, (2) Drs. Hendri Purwito, M. Si

 

Kata kunci:Inquiry Terbimbing berbasis Outdoor Study, Kemampuan Berpikir Analitis

 

Kemampuan berpikir analitis siswa dalam pelajaran geografi masih tergolong rendah. Kemampuan berpikir analitis dalam pembelajaran geografi di SMA masih sebatas dalam aspek pengetahuan dan pemahaman.  Pengembangan kemampuan berpikir analitis siswa dalam pelajaran geografi perlu dikembangkan melalui pembelajaran. Pembelajaran yang dirancang untuk menumbuhkan kemampuan berpikir analitis perlu menyajikan permasalahan nyata yang ada di lingkungan sekitar siswa, sehingga pembelajaran akan lebih bermakna. Salah satu model pembelajaran adalah inquiryterbimbing berbasis outdoor study.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis outdoor studyterhadap kemampuan berpikir analitis. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment), dengan menggunakan Pretest dan PosttestGroup Design. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi, dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Pegumpulan data yang digunakan dengan menggunakan tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal Pretest dan Posttest yang terdiri dari lima soal essay. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model inkuiri terbimbing berbasis outdoor studyberpengaruhpositif terhadapkemampuan berpikir analitis siswa mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Purwoharjo. Berdasarkan hasil analisa menggunakan uji Non-Parametric Test dengan mengunakan Mann-Whitneydiperoleh nilai signifikan sebesar 0,002. Nilai rata-rata gain score kemampuan berpikir analitis siswa kelas eksperimen adalah 17,97 lebih tinggi daripada kelas kontrol sebesar 8,28. Sehingga model inkuiri terbimbing berbasis outdoor studyberpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa.

Berdasarkan temuan penelitian diajukan dua saran. Pertama, jika guru menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing terbimbing berbasis outdoor studyharus merencanakan alokasi waktu dengan baik dan lebih detail saat menjelaskan setiap tahapan serta memperhatikan kesesuaian materi dengan model pembelajaran. Kedua, untuk peneliti lanjutan disarankan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis outdoor study sebagai pertimbangan pemilihan model dalam penelitian serta dapat menambahkan variable maupun menggunakan variabel lain seperti, berpikir spasial, kreatif, ilmiah dan lain-lain.