SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Materi Lingkungan Hidup Siswa Kelas XI SMAN 9 Malang

Nunung Aprilliya

Abstrak


ABSTRAK

 

Aprilliya, Nunung. 2017.Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Materi Lingkungan Hidup Siswa Kelas XI SMAN 9 Malang. Skripsi. Jurusan Geografi Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (1) Dr. Singgih Susilo, Ms, Msi, (2) Drs. Rudi Hartono, M.Si

 

 

Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Memecahkan Masalah.

 

Model pembelajaran merupakan salah satu hal penting yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran. Sesuai dengan kurikulum K13, model pembelajaran yang digunakan memiliki ciri-ciri proses pembelajarannya berpusat pada aktifitas siswa. Salah satu model yang sesuai dengan K13 adalah model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Model pembelajaran berbasis masalah didesain untuk melatih siswa belajar secara mandiri dengan menggunakan permasalahan yang mereka temui dimasyarakat untuk kemudian didiskusikan solusi pemecahan masalahnya dalam sebuah kelompok kecil.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBL) terhadap kemampuan memecahkan masalah materi lingkungan hidup siswa kelas XI SMAN 9 Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan menggunakan Post TestGroup Design. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol dan XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Penentuan subjek penelitian menggunakan metode purposive sampling (berdasarkan nilai siswa). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal Post Test yang terdiri dari 4 soal essay. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows.

Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan memecahkan masalah materi lingkungan hidup siswa kelas XI SMAN 9Malang.. Hal tersebut dibuktikan dari hasil post test kelas eksperimen yang memiliki nilai rata-rata lebih tinggi daripada kelas kontrol.

Saran untuk guru mata pelajaran geografi adalah untuk menggunakan model pembelajaran berbasis masalah sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pada siswa. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah mengujicobakan model PBL pada jenjang kelas serta materi yang berbeda atau bisa juga mengkombinasikan model PBL dengan model pembelajaran lain agar dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pada siswa.