SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Diversifikasi Mata Pencaharian dan Kontribusinya Terhadap Pendapatan Masyarakat di Desa Wisata Gubugklakah Kecmatan Poncokusumo Kabupaten Malang

Edi Kansa Depari

Abstrak


ABSTRAK

 

Depari, Edi Kansa. 2017. Diversifikawsi Mata Pencaharian dan Kontribusinya Terhadap Pendapatan Masyarakat di Desa Wisata Gubugklakah Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosia, Universitas Negeri Malang. Pembiming: (I) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si (II) Dr. Singgih Susilo, M.S, M.Si.

 

Kata Kunci: Diversifikasi, Kontribusi

 

Sektor pertanian terutama tanaman apel mempunyai peranan yang penting dalam perkonomian di Kecamatan Poncokusumo khususnya bagi masyarakat Desa Gubugklakah. Walaupun demikian, sektor pertanian cenderung mengalami penurunan hasil sehingga penghasilan para petani juga ikut menurun. Keadaan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor. Perkembangan sektor pariwisata di Kecamatan Poncokusumo merupakan salah satu program andalan pemerintah yang memiliki prospek dan peranan penting dalam meningkatkan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Salah satu kawasan wisata yang terkenal dan ramai dikunjungi ada wisatawan adalah Desa Wisata Gubugklakah. Perkembangan Desa Gubugklakah sebagai desa wisata dan salah satu jalur utama pendakian bromo memiliki peluang untuk memperluas kegiatan ekonomi masyrakatnya. Hal ini dibuktikan dengan adanya masyarakat yang mempunyai mata pencaharian yang berasal dari sektor pariwisata sebagai mata pencaharian sambilan.

Penelitian ini merupakan penelitian survey. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menggambarkan kondisi yang ada di daerah penelitian. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Gubugklakah. Sampel diambil dengan cara random purposive sampling sebanyak 92 KK yang datanya direkam menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu tabulasi tunggal dan tabulasi silang. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bentuk diersifikasi mata pencaharian masyarakat di Desa Wisata Gubugklakah Kecamatan Poncokusumo. (2) Untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya diversifikasi mata pencaharian masyarakat Desa Gubugklakah. (3) Untuk mengetahui kontribusi sektor pariwisata terhadap pendapatan masyarakat Desa Gubugklakah Kecamatan Poncokusumo.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk diversifikasi mata pencaharian yan dilakukan masyarakat meliputi penyedia jasa homestay, sopir jeep, pedagang, pemandu wisata, serta petani agrowisata. Faktor faktor yang berhubungan dengan terjadinya kegiatan diversifikasi mata pencaharian adalah faktor umur, faktor pendidikan, sementara faktor jumlah beban tanggungan tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap teradinya diversifikasi mata pencaharian. Rata – rata kontribusi sektor pariwisata terhadap pendapatan masyarakat Desa Gubugklakah sebesar 31,53%.