SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model PembelajaranTalking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS 2 Di SMA Ar-Rohmah PutriIslamic Boarding School Dau Malang

Hastya Masitoh

Abstrak


ABSTRAK

 

Masitoh, Hastya. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS 2 Di SMA ArRohmah Putri Islamic Boarding School Dau Malang. Skripsi, Jurusan Geografi Program Studi Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd (II) Drs. Marhadi, SK, M.Si

 

Kata kunci : Talking Stick, Hasil Belajar

 

Observasi awal diketahui bahwa metode pembelajaran geografi yang dilakukan di SMA Ar-Rohmah Putri Islamic Boarding School Dau Malang adalah teacher center (berpusat pada guru). Siswa kurang antusias dalam pembelajaran geografi. Hal ini terlihat dari aktivitas siswa yang ramai sendiri, dan bermain kertas lipat. Aktivitas belajar tersebut mempengaruhi hasil belajar sehingga perlu diperbaiki dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick, karena model ini mengajak siswa untuk lebih aktif dan mengajak siswa belajar sambil bermain yang dapat memotivasi siswa untuk mengikuti materi yang disampaikan guru, diharapkan pengetahuan siswa akan bertambah, dan hasil belajarnya juga meningkat.

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa. Upaya untuk mencapai tujuan tersebut, maka penelitian ini dirancang dengan menggunakan model penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan Januari tahun 2017. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 27 siswa, instrumen pengumpulan data melalui tes tiap akhir siklus.

Hasil penelitian menunjukkan terjadi perubahan hasil belajar siswa pra tindakan yakni 57,8% untuk rata-rata kelas dengan ketuntasan klasikal yakni 4% menjadi 62,8% untuk rata-rata kelas dengan ketuntasan klasikal yakni 7% pada siklus I. Kemudian pada siklus II menjadi 79,8% untuk rata-rata kelas dengan ketuntasan klasikal yakni 59%. Temuan penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS 2 SMA Ar- Rohmah Putri Islamic Boarding School Dau Malang dari pra tindakan, siklus I, dan siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar geografi pada materi Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan siswa kelas XI IPS 2 Di SMA Ar- Rohmah Putri Islamic Boarding School Dau Malang. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan: (1) Bagi guru geografi agar menggunakan model Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Bagi SMA ArRohmah Putri Islamic Boarding School Dau Malang agar menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap untuk mendukung efektifitas penerapan model pembelajaran Talking Stick (3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian sejenis dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran dengan model Talking Stick dengan pokok bahasan yang berbeda.