SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas Reguler dan Leadership Academy di SMA Negeri 10 Malang Ditinjau Dari Minat dan Sikap Terhadap Geografi

Muhammad Ra'ad Assidiqy

Abstrak


ABSTRAK

Assidiqy, Muhammad Raad. Perbedaan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas Reguler dan Leadership Academy di SMA Negeri 10 Malang ditinjau dari Minat dan Sikap terhadap Geografi. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Ardyanto Tanjung, S.Pd, M.Pd. (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si.

Kata Kunci: perbedaan hasil belajar geografi, minat, sikap.

Hasil belajar merupakan suatu perolehan akibat dilakukannya suatu aktivitas atau proses yang mengakibatkan berubahnya input secara fungsional. Minat dideskripsikan sebagai dorongan psikologis dalam diri seseorang untuk menikmati suatu hal tertentu. Sedangkan sikap merupakan keseluruhan penilaian individu terhadap objek yang ada di lingkungannya, baik yang berdampak langsung maupun tidak langsung. Perbedaan hasil belajar pada dua kelas yang berbeda raw input dan instrumental input merupakan hal yang wajar terjadi pada dunia pendidikan. Asumsinya apabila kelas yang berkualitas dari segi raw input dan instrumental input akan menunjukkan hasil belajar yang jauh lebih baik apabila dibandingkan dengan kelas yang reguler.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dengan menggunakan metode penelitian kausal komparatif yang bersifat verifikasi, dengan jalan untuk mengumpulkan data kuantitatif berdasarkan variable-variabel yang telah ditentukan mengenai pengembangan teori-teori variabel terkait. Data yang diambil berasal dari kelas reguler dan kelas leadership academy bersifat homogen. Hasil penelitian awal menunjukkan perbedaan hasil belajar geografi yang signifikan antara kelas reguler dan leadership academy. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengambilan data menggunakan instrumen angket. Analisis data menggunakan analisis statistik parametrik, menggunakan analisis of varians dan uji F dengan taraf signifikansi sebesar 0.05. analisis statistik menggunakan bantuan SPSS 23.0 IBM Statistic.

Analisis data menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kelas reguler dan kelas Leadership Academy melalui tinjauan minat dan sikap terhadap geografi. Pada uji F menunjukkan adanya tidak signifikan atau tidak simultan pengaruh antar variabel yang ditentukan. Hasil dibuktikan dengan adanya hasil belajar yang jauh lebih tinggi pada kelas reguler dibandingkan pada kelas Leadership Academy.

Saran yang dapat direkomendasikan berupa pemberian perlakuan yang berbeda kepada kedua kelas. Kelas dengan kemampuan lebih diberikan perlakuan yang jauh lebih baik, hal ini kaitannya dengan guru saat proses pembelajaran dikelas, bukan hanya fasilitas belajar saja. Hal ini diterapkan agar tidak terdapat ambivalensi hasil pada kelas yang berkualitas begitu pula sebaliknya.