SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Kontekstual dengan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMA Negeri 4 Tuban

Talita Okvianti

Abstrak


ABSTRAK

 

Hasil observasi yang dilakukan tanggal 20 Februari 2017 di kelas XI IIS 2 SMAN 4 Tuban diketahui bahwa kegiatan pembelajaran geografi masih didominasi oleh guru, Pembelajaran diisi dengan penjelasan materi dan mengerjakan soal di LKS, sehingga siswa kurang dalam menganalisis masalah-masalah yang berkaitan dengan materi.Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satunya dengan penerapan pembelajaran kontekstual dengan model problem basedlearning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritispada Materi Pelestarian Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas ini, peneliti terlibat langsung dalam proses penelitian mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pelaporan data. Kegiatan pembelajaran terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengambilan data dilaksanakan dengan observasi dan tes tulis. Penelitian dilaksanakan di kelas XI IIS 2 dengan jumlah siswa 30 orang, pada Materi Pelestarian Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI-IIS 2 semester 2 SMAN 4 Tuban. Ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata persentase kemampuan berpikir kritis sebesar 65,6% (baik) pada siklus I meningkat menjadi 77% (baik) pada siklus II. Rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa meningkat sebesar17,8 %.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan bagi guru geografi agar menggunakan pembelajaran kontekstual model problem based learning sebagai inovasi dalam pembelajaran di kelas.