SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS-GEOGRAFI SISWA KELAS VIII-D SMP MUHAMMADIYAH KEDIRI

Arizza Rusita

Abstrak


ABSTRAK
Rusita, Arizza. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Team
Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPSGeografi
Siswa Kelas VIII-D SMP Muhammadiyah Kediri. Skripsi,
Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial, Universitas
Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dwiyono Hari U, M.Pd, M.Si
(II) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd
Kata Kunci: Model Team Games Tournament (TGT), Hasil Belajar.
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bidang
studi, metode yang sering digunakan adalah metode ceramah dan pemberian
tugas individual. Di SMP Muhammadiyah Kediri tidak mempunyai kelas
unggulan, kemampuan akademik siswa di dalam kelas heterogen. Hanya
47,6% dari 42 siswa pada kelas VIII-D memenuhi standar ketuntasan
minimum, sehingga dapat dikatakan kelas VIII-D belum tuntas. Suatu kelas
dikatakan tuntas belajarnya jika dikelas tersebut terdapat 85% siswa telah
mencapai ketuntasan individual. Metode pembelajaran yang digunakan guru
Geografi membuat siswa di dalam kelas belum memiliki team work,
sehingga hubungan personal antar siswa belum terbangun atau bisa
dikatakan siswa memiliki sikap individualis. Sikap siswa ini mengakibatkan
tingkat pemahaman siswa dalam kelas berbeda-beda. Dengan penerapan
pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament (TGT) diharapkan
semua siswa secara merata dapat memahami materi yang diajarkan oleh
guru, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPSGeografi
siswa kelas VIII-D SMP Muhammadiyah Kediri melalui penerapan
model pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus
tindakan. Dalam penelitian ini data yang diperoleh adalah berupa data
pelaksanaan penerapan tindakan yang dilakukan oleh guru, data hasil
belajar siswa tiap siklus, catatan lapangan dan lembar observasi proses
pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal
turnamen, format dokumentasi, lembar observasi pelaksanaan penerapan
tindakan guru, catatan lapangan dan lembar observasi proses pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran
kooperatif model Team Games Tournament dalam bidang studi IPS-Geografi
dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah
Kediri. Hasil belajar siswa meningkat pada Siklus I ke Siklus II.
Berdasarkan penelitian ini, bagi para guru disarankan untuk
menerapkan pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament pada
pokok bahasan selain Penyimpangan Sosial dan Hubungan Sosial sebagai
alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran. Para guru hendaknya juga lebih
mendorong dan memotivasi siswa agar lebih giat belajar baik di rumah
maupun di sekolah.