SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Terhadap mInat dan Hasil Belajar Geografi Pada Materi Hidrosfer Siswa Kelas X SMA Al-Ma'hadul Islami (Putri) Bangil Pasuruan

Nur Hidayati

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Hidayati, Nur. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Al-Ma’hadul Islami (Putri) Bangil Pasuruan. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Purwanto, S.Pd, M.Si., (II) Drs. Rudi Hartono, M.Si.

 

Kata Kunci: minat belajar, hasil belajar, pembelajaran kooperatif model TAI

         

Model pembelajaran yang berkembang dewasa ini adalah pembelajaran kooperatif yang menuntut siswa untuk aktif dan bekerja sama dalam kelompok kecil untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran kooperatif memiliki berbagai model, salah satunya adalah Team Assisted Individualization (TAI). Pemilihan model pembelajaran ini karena model ini memiliki berbagai kelebihan salah satunya yaitu pada sintaks Team Study dimana semua anggota kelompok saling bekerja sama dan saling membantu dalam menyelesaikan unit pembelajaran dari guru, saat inilah siswa yang memiliki kemampuan di atas rata-rata membantu menjelaskan unit materi kepada siswa yang kemampuannya di bawah rata-rata (Assisted Individualization).

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Team Assisted Individualization terhadap minat dan hasil belajar pada siswa kelas X SMA Al-Ma’hadul Islami (putri) Bangil Kabupaten Pasuruan.

Rancangan penelitian ini adalah eksperimental semu yaitu mempunyai kelompok kontrol tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel luar yang bisa mempengaruhi pelaksanaan eksperimen, dan termasuk dalam penelitian kuantitatif. Pelaksanaan penelitian di SMA Al-Ma’hadul Islami (putri) Bangil Kabupaten Pasuruan dengan kelas XA sebagai kelas kontrol dan Xb sebagai kelas eksperimen. Data yang diambil adalah minat dan hasil belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian Post Test dan angket di akhir pertemuan. Analisis data dilakukan dengan membandingkan gain score hasil tes soal dan hasil angket minat antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dengan menggunakan SPSS 16.0 for Windows.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa pada materi Hidrosfer siswa kelas X SMA Al-Ma’hadul Islami (putri) Bangil Kabupaten Pasuruan.