SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS XI IPS2 SMAN 1 TUREN MALANG

Umi Hidayati

Abstrak


ABSTRAK

 

Hidayati, Umi. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Devision (STAD) untuk meningkatkan Keaktifan dan Hasil belajar  Siswa Kelas XI IPS 2  Turen. Skripsi, Jurusan Geografi Fakultas Ilmu sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1)Prof. Dr. Budijanto, M.Sos (II) Dr. Dwiyono Hari Utomo, M.Pd, M.Si

 

Kata Kunci: model pembelajaran STAD, keaktifan, dan hasil belajar siswa.

Hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 10 September 2016 diketahui bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Turen masih rendah. Nilai rata-rata peserta didik pada kelas XI IPS 2 yaitu 68,sedangkan KKM yang ditetapkan oleh guru adalah 75. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Salah satunya dengan penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Devision (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar Geografi peserta didik pada materi Pelestarian Lingkungan Hidup dan Pembangunan berkelanjutan.

Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dalam penelitian diterapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Devision (STAD) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat melatih siswa untuk bekerjasama dan memungkinkan mereka lebih aktif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran STAD.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Kegiatan pembelajaran terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilaksanakan dengan observasi dan tes tulis. Penelitian dilaksanakan di kelas XI IPS 2 Turen dengan jumlah 33 orang pada materi Pelestarian Lingkungan Hidup dan Pembangunan berkelanjutan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat bahwa rata-rata keaktifan siswa siklus I mencapai 76,55% meningkat menjadi 83,48% pada siklus II. Hasil belajar pada siswa juga sangat yakni pada siklus 1 rata-rata 61,86 meningkat menjadi 81,64 pada siklus II.

 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian model pembelajaran Student Teams Achievement Devision (STAD)dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. dengan demikian disarankan (1) bagi sekolah hendaknya pihak sekolah memfasilitasi dan mendukung guru untuk melakukan penelitian tindakan kelas agar masalah pembelajaran dapat teratasi, (2) guru perlu menerapkan metode pembelajaran kooperatif model STAD sebagai salah satu metode alternatif dalam kegiatan pembelajaran, (3) bagi peneliti selanjutnya hendaknya menerapkan model pembelajaran STAD menggunakan materi lain selain materi pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan selain itu peneliti juga dapat menambahkan variabel lain seperti motivasi dan lain-lain.