SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Saku sebagai Suplemen Buku Teks Geografi pada Materi Pengetahuan Dasar Geografi untuk Siswa kelas X SMA

della Suryani Amala

Abstrak


ABSTRAK

 

Amala, Della Suryani. 2017. Pengembangan Buku Saku sebagai Suplemen Buku Teks Geografi pada Materi Pengetahuan Dasar Geografi untuk Siswa Kelas X SMA. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd (2) Ardyanto Tanjung, S.Pd, M.Pd

 

Kata Kunci : Pengembangan, buku saku, suplemen buku teks.

Materi pengetahuan dasar geografi merupakan pondasi untuk memahami pelajaran geografi. Materi pengetahuan dasar tergolong materi yang cukup sulit apabila dibandingkan materi geografi lainnya. Kesulitan siswa memahami materi pengetahuan dasar geografi dapat dibuktikan dari hasil isian angket 6 siswa dan wawacara dengan 2 guru bidang studi geografi SMAN 1 Turen yang menujukkan bahwa terdapat beberapa materi yang cukup sulit diantaranya (1) Konsep, (2) pendekatan, (3) Prinsip. Buku teks geografi yang beredar disekolah beberapa diantaranya masih berfokus pada jabaran umum, serta masih perlu koreksi dan perbaikan. Berkaitan dengan hal tersebut perlu adanya suplemen buku teks pengetahuan dasar geografi yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan buku saku pengetahuan dasar geografi. Pemilihan model buku didasar standar kelayakan oleh pusat perbukuan departemen pendidikan nasional, meliputi; (1) materi, (2) penyajian, (3) bahasa, (4) kegrafikan. Tahapan penelitian pengembangan diadaptasi dari model pengembangan Dick and Carey dipadukan Borg and Gall. Tahapan model dick and carey dilaksanakan pada tahap 1-5 dilanjutkan dengan 7-9, digabungkan dengan model borg and gall dengan tahap ke 1-6. Secara garis besar tahapan pengembangan dimulai dari (1) Need assesment (2) Development (3) Evaluasi formatif (4) Uji coba lapangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes dan angket dengan merujuk kreteria Akbar (2013). Subjek penelitian adalah siswa kelas X IIS 1 SMAN 1 Turen.

Hasil penelitian menujukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari pre-test ke post-test. Nilai rata-rata pre-test siswa 53,03 dan mingkat menjadi 85,84 pada post- test. Hasil angket siswa dan guru menunjukkan bahwa produk dikategorikan sangat efektif untuk digunakan. Nilai rata-rata angket siswa 81,28 dan angket guru 83,75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk buku saku dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Turen.

 

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikemukakan saran sebagai berikut: 1) Saran pemanfaatan, bagi guru dan siswa buku saku dipergunakan sebagai suplemen buku teks yang dapat menujang proses pembelajaran, 2)Saran diseminasi, buku saku dibuat format pdf untuk disebarluaskan melalui internet,  3) Saran untuk pengembangan lebih lanjut, validator produk sebaiknya berasal dari praktisi yang ahli dibidangnya, perlu memperkuat materi pendekatan geografi, dianjurkan untuk lebih memperbanyak lagi ilustrasi dengan bahasa yang komunikatif.