SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS 4 SMA LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI MALANG PADA MATERI KEARIFAN DALAM PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM

Siska Putri Nuralisa

Abstrak


ABSTRAK

 

Nuralisa, Siska Putri. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation  (GI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Geografi Siswa Kelas XI IPS 4  SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang Pada Materi Kearifan dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Dwiyono Hari Utomo, M.Pd, M.Si (2) Drs. Rudi Hartono, M.Si.

 

Kata Kunci : Penerapan, Group Investigation, Kemampuan Berpikir Kritis 

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dikelas XI IPS 4 SMA Laboratorium UM pada mata pelajaran Geografi. Sebagian kegiatan pembelajaran di kelas tersebut masih didominasi oleh guru, siswa hanya mendengarkan dan mencatat. Selama proses pembelajaran aktivitas siswa rata-rata sangat pasif, hanya ada sekitar 20% siswa saja yang aktif menjawab maupun mengemukakan pendapatnya. Selain itu diketahui bahwa penggunaan metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru hanya sebatas penyampaian konsep dan diskusi kelompok biasa sehingga siswa tidak dapat menganalisa suatu fenomena atau permasalahan nyata yang ada di sekitar mereka. Dapat diketahui dari nilai rata-rata ulangan harian siswa dengan tingkat kesulitan soal (C4) yakni sebesar 70,8, pada saat guru memberikan soal ulangan harian dengan tingkat kesulitan (C4) berpikir kritis, siswa tidak dapat menjawab pertanyaan dengan baik, jawaban siswa cenderung singkat dan mengarah dengan tingkatan berpikir rendah (C3). Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan penerapan model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Dari  beberapa model pembelajaran. Model pembelajaran Group Investigation (GI)  merupakan suatu alternatif yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang ada.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari II siklus, masing-masing siklus terdapat 2 pertemuan. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS 4 SMA Laboratorium UM dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang, yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Pokok bahasan dalam penelitian ini yaitu Kearifan dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Penelitian dilaksanakan pada bulan April-Mei 2017.

 

Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 4 SMA Laboratorium UM pada materi Kearifan dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata tes kemampuan berpikir kritis siswa dari siklus I ke siklus II yang mengalami peningkatan sebesar 11,1% dengan nilai rata-rata 72 pada siklus I menjadi 80 pada siklus II.      Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation (GI) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa agar dapat dijadikan landasan untuk melakukan penelitian selanjutnya pada materi, lokasi, dan waktu yang berbeda.