SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FERTILITAS MASYARAKAT NELAYAN DI DESA SUKAJERUK PULAU MASALEMBU

Moh Taufiq

Abstrak


ABSTRAK

 

Jumlah dan laju pertumbuhan penduduk yang masih tinggi merupakan masalah kependudukan yang disebabkan oleh angka kelahiran atau fertilitas yang tinggi. Tinggi rendahnya fertilitas pada suatu daerah dapat diketahui melalui perhitungan tingkat kelahiran kasar atau Crude Birth Rate (CBR), yaitu jumlah kelahiran hidup pada suatu daerah pada tahun tertentu tiap 1000 penduduk pada pertengahan tahun. Sebagian besar masyarakat di Desa Sukajeruk Pulau Masalembu merupakan nelayan dengan rata-rata fertilitas yang tergolong tinggi yaitu berjumlah 3,63 kelahiran. Pasangan Usia Subur di Desa Sukajeruk Pulau Masalembu berjumlah 1.525 jiwa dengan CBR berjumlah 4,6 kelahiran per 1000 kelahiran hidup dan CDR sebesar 2,2 kematian per 100 penduduk, sehingga pertambahan penduduknya sebesar 2,6. Berkaitan dengan hal tersebut perlu dilakukan pengkajian lebih lanjut mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi fertilitas masyarakat nelayan di Desa Sukajeruk Pulau Masalembu.

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi fertilitas pada masyarakat nelayan di Desa Sukajeruk secara simultan dan secara parssial. Selain itu juga untuk mengatahui faktor faktor yang paling dominan mempengaruhi fertilitas masyarakat nelayan. Rancangan penelitian menggunakan parameter dengan pendekatan korelasional dan metode survei. Penarikan sampel dilakukan secara proporsional random sampling dengan responden wanita pernah kawin pada masyarakat nelayan yang berjumlah 94 orang. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan tabulasi tunggal, tabulasi silang serta regresi linear berganda.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu fertilitas. Secara parsial Pendidikan, lama melaut, usia kawin pertama, lama periode reproduksi dan lama penggunaan kontrasepsi berpengaruh terhadap fertilitas, sedangkan pendapatan keluarga tidak berpengaruh terhadap fertilitas. Variabel yang paling dominan memberikan pengaruh terhadap fertilitas adalah lama periode reproduksi dan sumbangan paling kecil adalah lama penggunaan kontrasepsi.