SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN BESARNYA PENGIRIMAN REMITEN DARI TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) DI DESA KAUMAN KECAMATAN KAUMAN KABUPATEN PONOROGO

Anando Grasella Antinio

Abstrak


ABSTRAK

 

Grasella, Anando. 2017. Beberapa faktor yang berhubungan dengan besarnya pengiriman remiten : Studi Kasus pada Masyarakat Desa Kauman Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Geografi. Program Studi Geografi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang.

Pembimbing :Prof. Dr. Budijanto, M.Sos, Drs. Marhadi S.K, M.Si

 

Kata Kunci: Remiten, TKI, Chi Square

Desa Kauman merupakan nama salah satu desa yang terletak di Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo. Desa Kauman merupakan salah satu desa yang menyumbang TKI terbesar di Kabupaten Ponorogo. Rendahnya pendidikan dan kurangnya lapangan pekerjaan membuat masyarakat desa Kauman memilih bekerja sebagai TKI.

Penelitian ini memiliki empat rumusan masalah yang akan dikaji diantaranya yaitu (1) Berapa besarnya remiten yang dikirim kepada keluarga oleh setiap Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Desa Kauman? (2) Apakah lama bekerja berhubungan dengan besarnya remiten yang dikirim oleh TKI ke daerah asal Desa Kauman? (3) Apakah  jenis pekerjaan berhubungan dengan besarnya remiten yang dikirim oleh TKI ke daerah asal Desa Kauman? (4) Apakah negara tujuan berhubungan dengan besarnya remiten yang dikirim oleh TKI ke daerah asal Desa Kauman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Analisis data menggunakan bantuan software SPSS. Dalam menganalisis digunakan tekhnik analisis tabulasi tunggal, tabulasi silang dan uji statistik chi square.

 

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis dengan menggunakan uji statistik chi square di peroleh kesimpulan  (1) lama bekerja TKI tidak meiliki hubungan dengan besarnya remiten yang dikirim. Semakin lama TKI bekerja di luar negeri justru tidak memiliki hubungan dengan besarnya remiten yang dikirim. (2) jenis pekerjaan TKI memiliki hubungan dengan besarnya remiten yang dikrim. Jenis pekerjaan yang berbeda di luar negeri akan mempengaruhi besrnya pendapatan Tenaga Kerja Indonesia. (3) negara tujuan meiliki hubungan dengan dengan besarnya remiten yang dikirim. Besarnya pendapatan TKI di pengaruhi berkembangnya dengara tujuan TKI tersebut semakin maju dan berkembang maka pendapatan TKI juga akan semakin besar.