SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan tenaga kerja indonesia (TKI) melakukan migrasi internasional di Desa Lembah Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo.

Fajar Setio Nuryanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Nuryanto, Fajar Setio. 2017. Faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan tenaga kerja indonesia (TKI) melakukan migrasi internasional di Desa Lembah Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Geografi. Program Studi Geografi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. Singgih Susilo M.S., M.Si, Prof. Dr. Budijanto, M.Sos


 

Kata Kunci: Migrasi Internasional, TKI, Pengambilan Keputusan

 

Faktor yang mendorong masyarakat di Desa Lembah melakukan migrasi internasional adalah kurangnya lapangan pekerjaan, pendapatan rumah tangga yang rendah dan tingkat pendidikan yang rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk menemukan dan mengungkap berbagai kondisi yang melartar belakangi migran yang mengambil keputusan melakukan migrasi internasional.

Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif, menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 85 responden dengan penarikan jumlah sampel menggunakan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara secara bebas yang mengacu pada kuesioner yang telah dibuat, sedangkan analisis data menggunakan tabulasi tunggal, tabulasi silang dan uji statistik non parametrik Chi2 .

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) karakteristik demografi berpengaruh terhadap pengambilan keputusan bermigrasi internasional, 2) faktor sosial berpengaruh terhadap pengambilan keputusan bermigrasi internasional, 3) faktor ekonomi berpengaruh terhadap pengambilan keputusan bermigrasi internasional. Perhitungan kontingensi menunjukkan bahwa variabel bebas yang paling berpengaruh terhadap pengambilan keputusan bermigrasi internasional adalah karakteristik demografi yaitu status perkawinan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semua variabel bebas berpengaruh terhadap pengambilan keputusan bermigrasi internasional di Desa Lembah.